Ujian Keterampilan Jadi Penentu

Beberapa program studi yang tersedia melalui program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Laporan Wartawan Tribun Medan/rdn

TRIBUN-MEDAN.com,  MEDAN - Beberapa program studi yang tersedia melalui program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2001 melaksanakan ujian keterampilan mulai Jumat (3/6) hingga hari ini (4/6). Hasil ujian keterampilan ternyata memberikan persentase yang cukup besar untuk menentukan kelulusan calon mahasiswa dalam SNMPTN ini.

Program studi Etnomusikologi USU misalnya. Program studi ini memberikan persentase 60:40 untuk kelulusan di SNMPTN 2011. Sebanyak 60 persen untuk hasil ujian keterampilan dan 40 persen hasil ujian tulis di SNMPTN. Di program studi ini sebanyak 51 calon mahasiswa dijadwalkan mengikuti ujian keterampilan.

"Walau hasil SNMPTN belum keluar tidak ada masalah. Ujian keterampilan ini membantu nilai ujian tulis SNMPTN. Lewat ujian keterampilan ini, kami ingin menemukan bibit unggul mahasiswa berbakat dalam bidang seni musik, seni tari dan seni drama," kata Ketua Departemen Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara (USU), Muhammad Takari kepada Tribun Medan di ruang kuliah Etnomusikologi USU, Jumat (3/6).

Takari menjelaskan, program studi Etnomusikologi adalah program studi yang bertujuan menjaring calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan seni musik, seni tari dan drama. "Melalui program studi ini, diharapkan lahir tenaga-tenaga seni profesional dan siap pakai," ujar Takari.

Dalam ujian keterampilan ini, kata Takari, calon mahasiswa harus mengikuti beberapa tahapan ujian seperti menirukan ritme, melodi dan interval, instrumen dan vocal, dan wawancara mengenai wawasan dan pengalaman di dibidang seni. (rdn) Selengkapnya baca edisi cetak halaman 15 hari ini.

Penulis:
Editor: Fariz
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved