Senin, 4 Mei 2015

Kebaya Cantik Untuk Wisuda

Sabtu, 18 Juni 2011 23:05

Kebaya Cantik Untuk Wisuda

Wajar memang, di salah satu hari bahagianya itu, perempuan ingin tampak cantik, dihadapan ratusan wisudawan/wisudawati lainnya. Apalagi ia akan datang ke proses yang cukup sakral tersebut didampingi kedua orangtua yang dicintai. Paling tidak, pemakaian kebaya oleh wisudawati, walau tidak diharuskan, namun menjadi budaya wajib oleh ratusan universitas yang ada di Indonesia.

Pertengahan tahun ini, beberapa universitas di Kota Medan pun ikut mengadakan proses wisuda untuk menandai kelulusan mahasiswanya. Bagi Anda yang mungkin tengah mempersiapkan kebaya untuk wisuda, mungkin Anda berpikir untuk menjahit sebuah kebaya, sehingga bebas menentukan baik model maupun desain yang berbeda dengan orang lain. Di pusat pasar Medan misalnya, Anda dapat menemukan berbagai jenis kain untuk kebaya yang dibandrol mulai dari Rp 200ribuan untuk kualitas sedang, hingga jutaan rupiah untuk kualitas yang bagus. Motif yang ditawarkan pun beraneka ragam, mulai dari motif bunga, motif daun hingga motif batik.

"Untuk harga per meternya, kisarannya mulai dari Rp 200 ribuan hingga jutaan. Untuk yang semi ada yang harganya sekitar Rp 800 ribu. Biasanya, kalau yang mau bikin kebaya wisuda, kebanyakan pakai warna cerah," ujar Susi, salah seorang pedagang kain di pusat pasar, kepada Tribun, Sabtu (18/6). Pemakaiannya pun bervariasi, tergantung bentuk tubuh si pengguna kebaya tersebut. Ada yang memesan satu meter, namun ada juga yang lebih dari semeter, karena bentuk tubuh si pengguna relatif lebih besar.

Sementara untuk bawahan kebaya, dapat digunakan kain tenun ikat, kain batik, ataupun kain jenis lainnya yang dapat disesuaikan dengan atasan kebaya. Kain ikat memiliki beragam jenis kain. Ada yang katun, serat nanas, serat kayu, bahkan sutra. Ada yang tebal, ada juga yang tipis. Ada yang kasar, ada juga yang halus. Semua bahan dibuat sesuai dengan kegunaannya masing-masing.Jenis kainnya tentu saja tergantung dari harga yang Anda inginkan. Harga paling murah biasanya berkisar Rp 200 ribuan hingga Rp 1 jutaan.

Setelah membeli bahan untuk kebaya, Anda tinggal datang ke penjahit spesialis kebaya yang Anda inginkan. Tentukan model yang disukai, karena kerumitan model akan bergantung terhadap ongkos jahitnya sendiri. Susi mengungkapkan, untuk ongkos jahit biasanya sekitar Rp 400 ribuan atau Rp 800 ribuan. Tergantung model atau tingkat kerumitannya.

Selain membeli bahan kain kebaya, Anda boleh juga memikirkan untuk membeli kebaya yang sudah jadi. Walaupun kekurangannya adalah, tidak dapat memakai kebaya sesuai yang diingini, namun pilihan ini cukup berguna bagi Anda yang tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mendesain kebaya sendiri. Harganya juga terbilang lebih murah daripada kebaya yang dijahit dengan model sendiri.

Di toko Erna yang terletak di Jalan Sisingamangaraja misalnya, tersedia berbagai jenis kebaya jadi yang dapat menjadi alternatif pilihan Anda. Selain untuk kebaya pernikahan dan pesta yang memiliki desain lebih glamour, toko ini juga menyediakan kebaya untuk wisuda yang biasanya didesain lebih simpel daripada kebaya kebanyakan.

Halaman12
Penulis: Eris Estrada
Editor: Eris Estrada
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas