A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Inkindo Himpun Pakar Diskusikan Kondisi Aek Latong - Tribun Medan
Senin, 24 November 2014
Tribun Medan
Home » Sumut

Inkindo Himpun Pakar Diskusikan Kondisi Aek Latong

Jumat, 1 Juli 2011 18:50 WIB

Laporan Wartawan Tribun Medan /Adol Frian Rumaijuk

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN
- Sejak 15 tahun hingga saat ini, kondisi jalan nasional Aek Latong, Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumut masih rusak parah. Hampir tidak ada perhatian pemerintah pusat mencari solusi perbaikan jalan lintas barat yang menghubungkan Sumut dengan Sumbar itu.

Hal yang disayangkan lagi, pemerintah malah menganggap Jalan Aek Latong bukan prioritas. Pemerintah masih mengesampingkan optimialisasi perbaikan jalan itu dan memilih merampungkan sejumlah proyek lainnya yang nilai manfaatnya tidak sebesar manfaat Jalan Aek Latong.

Padahal, kecelakaan kerap terjadi dan jika pun berhasil melintasinya, harus dengan bersusah payah. Puncaknya, sebanyak 19 orang tewas 19 orang dan puluhan luka-luka dalam kecelakaan bus ALS, Minggu (26/6).

Hal tersebut disampaikan Ketua DPP Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Sumut, Ir Murlan Tamba didampingi Wakil Ketua Ir Ricardo Manurung, Ir Burhan Batubara, Ir Julius Bangun, Ir Pendy Sebayang dan Sekretaris Ir Goentono kepada www.tribun-medan.com di kantornya Jalan Setia Budi Medan, Kamis (30/6) malam.

Dikatakan, wadah berhimpun para konsultan Sumut ini akan menggelar roun table discussion di Medab Club, Selasa (5/7). Diskusi ini akan membahas kondisi Jalan Aek Latong dari semua sisi, yang tujuannya menggali akar permasalahan dan mencari solusi untuk perbaikan jalan tersebut.

Sekretaris Inkindo Sumut, Ir Goentono mengungkapkan, sejumlah pembicara akan memaparkan kajiannya soal Aek Latong. Mereka adalah Ir Burhan Batubara dari praktisi dan pengusaha jalan, Mantan Kadis Jala dan Jembatan Sumut Syarifullah Harahap, akademisi Prof DR Ing Johannes Tarigan dan DR Ir Roesyanto, Ahli Geologo Jonathan Tarigan, dari ahli hukum dan dari Lembaga Konsumen Jasa Konstruksi.

Sedangkan pesertanya dari kalangan pengusaha yang berkecimpung di dunia jasa konstruksi, jasa konsultansi, akademisi, pengusaha dan masyarakat umum. "Soal permasalahan Jalan Aek Latong akan dikupas dari berbagai sisi. Kita ingin menggali lebih dalam apa masalah di jalan itu," jelasnya.

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua Ricardo Manurung, perlu dikaji siklus proyek yang selama ini ada di Jalan Aek Latong, mulai dari perecanaan, pengawasan dan pelaksanaan proyek konstruksi jalan. "Bagaimana implementasinya sejauh ini, apakah semuanya terlaksana dengan baik, ini antara lain yang akan kita kaji," katanya.

Bahkan menurut Burhan, evaluasi menyeluruh harus ada terhadap apa-apa yang telah dikerjakan sejauh ini. Dia juga menyoroti soal perusahaan-perusahaan yang selama ini menggarap pekerjaan Aek Latong, bagaimana soal kemampuan dan kualitas dalam kaitannya dengan penawaran harga yang wajar.

"Banyak informasi yang kita dengar bahwa perusahaan-perusahaan dari nasional seolah-olah 'arisan' di sana. Tahun ini satu perusahaan yang memenangkan, tahun berikutnya perusahaan lain. Kita tidak mau seperti itu, tetapi perusahaan yang benar-benar memenuhi kualifikasi dan bekerja profesional," katanya.

Murlan menambahkan, kesimpulan dari diskusi itu akan disampaikan kepada pemerintah. Dengan demikian, diharapkan akan semakin mendorong timbulnya kepedulian pemerintah untuk memperbaiki kerusakan jalan yang menjadi dambaan masyarakat Sumut ini.(afr/tribun-medan.com)
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas