• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Medan

21 Cabang Pelabuhan di Wilayah Pelindo IV Menggaransi Layanan Jasa

Senin, 11 Juli 2011 23:39 WIB
Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasriyani Latif

TRIBUN-MEDAN.com, MAKASSAR
- Saat ini, sebanyak 21 cabang pelabuhan di wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (persero) telah menggaransikan layanan jasa kepelabuhan kepada pengguna jasa.

Hal ini diungkapkan Direktur Operasi dan Teknik PT Pelindo IV (persero), Imran Iskandar kepada sejumlah wartawan di Warkop Phoenam Jampea, Senin (11/7).

Jaminan pelayanan ini diistilahkan dengan Service Level Guarantee (SLG) dan Service Level Agreement (SLA). Pelabuhan yang sudah terapkan SLG dan SLA yakni Makassar, Balikpapan, Samarinda, Bitung, Ambon, Sorong, Jayapura, Tarakan, Pantoloan, Ternate, Kendari, Terminal Petikemas Makassar, Terminal Petikemas Bitung, UPK Bontang, UPK Sangata, UPK Tg Redeb, Biak, Nunukan, Fakfak, Manokwari, dan Merauke.

Menurutnya, garansi ini bertujuan untuk menjamin setiap pelayanan jasa kepelabuhan, yang ujung-ujungnya bermuara pada kepuasan pengguna jasa (costumer satisfaction).

Ada dua variabel yang digaransikan. Yakni waktu tunggu (waiting time) yang merupakan waktu tunggu kapal sejak kapal tiba di lego jangkar sampai kapal digerakkan atau dipandu menuju dermaga. Kemudian aprroach time yang merupakan jumlah jam yang terpakai untuk kapal bergerak dari lokasi lego jangkar sampai ikat tali di dermaga dan sebaliknya.

"Diusahakan pengguna jasa kita hanya menunggu paling lambat satu jam saja hingga ke dermaga. Jika diluar dari itu, pemilik kapal atau perusahaan pelayaran bisa menuntut pihak Pelindo dan berhak mendapatkan kompensasi atas keterlambatan itu," jelasnya.

Contoh lainnya pada pelayanan Terminal Petikemas, misalnya produktivitas bongkar muat yang ditetapkan 24 box/crane/jam. Maka apabila pihak Pelindo IV hanya mampu melakukan bongkar muat 20 box/crane/jam, maka perusahaan juga bisa menuntut.

Imran di dampingi Humas PT Pelindo IV (persero), Baharuddin M, menjelaskan, sejak lima tahun lalu, Pelindo dituntut oleh pemerintah untuk mengharuskan adanya garansi. Nah pada pertengahan 2009, Pelindo IV bertindak sebagai pioneer dan merintis pemberian garansi.

Pada saat itu, sembilan pelabuhan yang digaransi. Di 2010, ada tujuh cabang lagi yang digaransikan. Nah, di tahun ini, sudah menjadi 21 cabang yang digaransi dari 23 cabang pelabuhan yang ada di wilayah kerja Pelindo IV. Untuk perusahaan yang sudah ikut SLG atau SLA ini di antaranya, PT Pelni, PT Meratus, Tanto Intim Lines, Tempuran Mas, Jayakusuma, dan Sipil. (*)
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
14183 articles 33 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas