• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Medan
Home » Sumut

M-PLIK adalah Akses Internet Sehat, Cepat dan Murah

Senin, 8 Agustus 2011 18:34 WIB
Laporan Wartawan Tribun Medan / Adol

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -
Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan, peluncuran Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK) merupakan langkah konkrit Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menjalankan tugas dan fungsi penyelenggaraan di bidang komunikasi dan informatika melalui penyediaan akses internet yang sehat, aman, cepat dan murah.

Katanya, penyediaan M-PLIK bersifat bergerak dan merupakan amanat Pasal 5 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 48/2009 tentang Penyediaan Jasa Akses Internet di Wilayah Pelayanan Universal Telekomunikasi Internet Kecamatan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 19/ 2010.

Dijelaskannya, sarana dan perangkat pendukung M-PLIK berupa 1 unit kendaraan roda empat dilengkapi satu unit komputer sebagai server dan perangkat pendukung lainnya.

Peluncuran M-PLIK secara simbolis diserahkan ke para gubernur, jelasnya, karena dalam pengelolaan M-PLIK nantinya oleh pemerintah daerah (Pemda) bekerjasama dengan penyedia jasa. Harapannya, Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah, dapat menginstruksikan ke jajarannya mempersiapkan diri membantu mengelola dan mengoptimalkan sarana M-PLIK tersebut.

“Pelayanan sarana internet ini untuk mendukung pengembangan potensi daerah. Harapannya, kesejahteraan masyarakat di daerah meningakat,” harap Tifatul.

Lewat penyediaan M-PLIK tersebut, ungkap Tifatul, masyarakat dapat terbantu dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan. Berikutnya mengurangi kesenjangan digital dan informasi. Apalagi, informasi menunjang kegiatan perekonomian, memantapkan pertahanan dan keamanan negara. Tak kalah pentingnya, informasi mampu mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemenuhan komitmen Indonesia dalam World Summit on Information Society.

Program tersebut, lanjutnya lagi, merupakan upaya Kemenkominfo mengurangi kesenjangan sarana telekomunikasi dan pemerataan akses telekomunikasi bagi masyarakat dalam rangka transformasi menuju era masyarakat informatif.

Kemenkominfo berharap, M-PLIK dapat melayani daerah yang belum terlayani akses informasi. Harapannya, tercipta keterhubungan antar masyarakat pusat dan daerah sehingga terwujud “Indonesia Conectivity”.

“Gunakanlah fasilitas mobile ini untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya. (afr/tribun-medan.com)
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas