• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribun Medan

43 Guru Setingkat TK dan SD Duel Mendongeng

Senin, 26 September 2011 13:16 WIB
Laporan wartawan Tribun Medan / Irfan Azmi Silalahi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-
Ketua Panitia Pelaksana Lomba Dongeng Guru TK dan SD di Medan Sri Hartini, Mengaku pelaksanaan pertandingan mendongeng untuk tingkat guru TK sederajad dan SD, dimaksudkan memberikan komunikasi yang positif antar guru dan murid. Sebab ia mengaku, dalam dongeng tersimpat etika sopan santun dalam bertutur, yang kaitannya sangat erat dengan pembangunan karakter seorang anak.

"Kita cukup senang antusiasme peserta mencapai 43 orang. Padahal di pelaksanaan perlombaan dongeng yang kami laksanakan konsisten mulai 2006 lalu, tidak pernah peserta mencapai angka sebegini. Atas dasar ini tentu sosialisasi yang kami lakukan sampai di sekolah-sekolah," ujar Sri yang juga menjabat sebagai Kepala Museum Negeri Sumut tersebut, Senin (26/9).

Disinggung kembali kenapa perlombaan sebatas kepada guru saja, dan tidak dilakukan kepada murid. Ia berujar, untuk tahapan itu sudah ada pemikiran kearah sana. Tetapi memang, masih ada pertimbangan-pertimbangan lain yang membuat panitia masih enggan menggelar perlombaan yang diikuti para siswa.

Namun ia mengaku, bukan berarti pihaknya tidak pernah menggelar perlombaan khusus untuk siswa. Sebab pada perlombaan mendongeng tahun 2008 lalu, justru panitia merancang perlombaan agar diikuti oleh kalangan pelajar. Dan diperlombaan tahun 2008 lalu, keseluruhan peserta justru dari kalangan pelajar tingkat SMA.

"Peserta di sini bebas mendongeng tentang apa saja, tetapi konteks pembicaraannya mencakup Sumatera Utara dan tidak boleh ide cerita dari luar Sumatera Utara. Kita harapkan juga, dongeng yang belakangan kurang dikenal oleh masyarakat, bisa kembali pada masa-masa kejayaannya lagi," ujarnya.(Irf/tribun-medan.com)
Penulis: Irfan Azmi Silalahi
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
27104 articles 33 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas