• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribun Medan

Pasar Motor Matic Terus Mengeliat

Selasa, 27 Desember 2011 17:49 WIB
Laporan wartawan Tribun Medan / Irfan Azmi Silalahi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN
- Pelan tapi pasti, dominasi motor bebek yang menguasai pasar sepeda motor di Indonesia, mulai digeser oleh motor jenis skuter matik (skutik) yang tidak punya gigi.

Dalam hal penjualan skutik tidak bisa dikatakan "tidak punya gigi", hal ini dibuktikan dengan hasil penjualan jenis motor skutik dalam kurun waktu lima tahun terakhir yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Seperti penuturan President Director AHM Yusuke Hori melalui Manager Marketing CV Indako Traiding Company, Leo Wijaya, menyatakan di tahun 2011 ini skutik mengalahkan dominasi motor bebek di pasar motor nasional dengan total volume penjualan sekitar 3,86 juta unit atau sebesar 50,9 persen dari total pasar hingga akhir November 2011.

Sebagai main dealer resmi sepeda motor Honda wilayah Sumatera Utara, Leo juga menyebutkan angka tadi melonjak sekitar 24,78% jika dibandingkan periode sama di tahun 2010.

"Bahkan setahun belakangan, mulai awal 2011, segmen motor skutik di Indonesia berubah wajah, hal mana penguasaan pangsa pasar bergeser ke produk-produk Honda. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada Januari-November 2011, Honda berhasil menguasai pasar sekitar 56,34%," pungkasnya, Selasa di kantornya Jalan Pemuda, Medan, Selasa (27/12/2011).

Ia mengaku, peningkatan pasar matik ini diyakini akan terus meningkat di tahun 2012, PT Astra Honda Motor (AHM) dijelaskannya tampak secara agresif menyiasati hal ini dengan menambah kapasitas produksi model skutik sebanyak 200.000 unit pada bulan Maret 2012 sehingga total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia mencapai 4,4 juta unit per tahun. (Irf/tribun-medan.com)
Penulis: Irfan Azmi Silalahi
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas