Senin, 2 Februari 2015
Home » Cetak

Akan Inventarisasi LSM dan Ormas

Selasa, 10 Januari 2012 22:09 WIB

Akan Inventarisasi LSM dan Ormas
TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYA
DISKUSI - Kepala Kesbangpolimnas Medan Vuko Redward W Bakkara saat diskusi di Redaksi Tribun, Senin (9/1).

KARENA itu, Kesbangpolinmas akan melakukan pendataan atau inventarisasi ulang dan mencabut izin legalitas yang tidak lagi memenuhi persyaratan. Hal itu disampaikan Kepala Kesbangpolimnas Medan Vuko Redward W Bakara dalam diskusi bersama Tribun Medan di Kantor Redaksi Tribun, Jalan Gatot Subroto, Nomor 449 D-G, Senin (9/1).

Menurutnya peningkatan tersebut karena ada kesadaran dan kemauan masyarakat untuk membuat wadah untuk menyampaikan aspirasi. Tetapi, ada saja yang memanfaatkan LSM atau ormas untuk mencapai kepentingan segelintir orang.

"Mereka (ormas dan LSM) tidak pernah kita batasi jumlahnya. Namun, ada beberapa yang tidak aktif tapi terdaftar. Karena itu, kita akan data dan inventirasi kembali, lalu mencabut azas legalitas dari Kesbangpol jika memang persyaratan sudah tidak terpenuhi lagi," kata lelaki yang akrab disapa Vuko.

Ia mengatakan, pendaftaran LSM dan ormas untuk mendapat legalitas Kesbangpolinmas tidak dipungut biaya sepeser pun, dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Yang harus dipenuhi di antaranya memiliki Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART), akta notaris atau fotokopinya, jika berpusat di Jakarta atau di tempat lain. Kemudian mempunyai kantor, merek, perlengkapan perkantoran, nomor telepon, surat- menyurat atau sewa-menyewa, rekomendasi dari kelurahan, lalu ada strukrur kepengurusan.

"Ormas dan LSM yang dapat dibantu kegiatannya oleh Pemko Medan ialah yang terdaftar di Kesbangpolinmas. Jadi hukumnya wajib mengajukan azas legalitas jika ingin bekerja sama dengan Pemko Medan," ujarnya.

Sesuai Peraturan Menteri No 44 2008 tentang kerja sama pemerintah daerah dan ormas atau LSM, Kesbangpol telah membentuk forum keja sama Pemko Medan dan kedua organisasi tersebut.

"Ini juga amanat dari pak wali kota, untuk menyinergikan kerja sama pemda, ormas dan LSM. Kita sudah bentuk sebuah forum komunikasi LSM dan ormas atau pemerinta. Strukturnya sudah dipilih masing-masing. Kemungkinan di pertengahan tahun ini kerja sama ini sudah dapat dilaksanakan," katanya.

Halaman12
Penulis: Mohamad Yoenus
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas