• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Tribun Medan

Pujakesuma Untuk Saling Rukun dan Rumekso

Minggu, 22 Januari 2012 23:49 WIB
Pujakesuma Untuk Saling Rukun dan Rumekso
ist/tribunmedan
Ketua DPP Pujakesuma, Komjen Oegroseno melantik dan menyerahkan pataka Pujakesuma kepada Ketua DPW Pujakesuma Sumut, Kompol Djoko Susilo di Asrama Haji Pangkalan Mashur, Jl Abdul Haris Nasution Medan, Minggu (22/01).
TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Organisasi Putra Jawa Kelahiran Sumatera atau yang akrab disebut Pujakesuma, harus mampu mendunia. Dalam arti kata, kemanfaatan yang diberikan jangan hanya untuk kalangan sendiri, tapi untuk Indonesia dan bahkan untuk dunia.Untuk menggapai itu, dibutuhkan kerja keras dan keuletan. Supaya, apa yang diharapkan itu segera terealisasi dalam jangka waktu yang tidak relatif lama.

Itulah pesan yang disampaikan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat (PP) Pujakesuma Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Drs Oegrosseno SH, saat memberikan kata sambutannya dalam acara Perkenalan Pengurus Pusat Pujakesuma Sumut/Pengurus Wilayah (PW) Wanita Pujakesuma Sumut/Pengurus Wilayah (PW) Pemuda Pujakesuma Sumut Masa Bhakti 2011-2016, di Aula Madinatul Hujjaz, Asrama Haji Medan, Jalan Abdul Haris Nasution, Minggu (22/1).

Pada kesempatan itu, Jenderal Bintang Tiga yang menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Republik Indonesia (Kalemdikpolri) tersebut mengingatkan, bagi semua anggota Pujakesuma untuk saling rukun, raket, regeng dan rumekso. Itu dimaksudkan, agar segenap pengurus dan anggota Pujakesuma, baik di Sumut maupun di daerah lainnya seperti, Aceh, Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Kepulauan Riau (Kepri) dan lainnya, untuk bersatu dan menjaga silaturahmi serta menjaga keakraban.

“Pujakesuma ke depan, jika ada hal-hal yang menyimpang dan menyamping, kita kembalikan pada visi Pujakesuma yang sudah sangat baik. Pujakesuma untuk Indonesia, dan bila bisa lebih cepat maka Pujakesuma bisa untuk dunia. Jika ada hal yang belum baik, dikomunikasikan saja. Jangan ribut-ribut,” tegas mantan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) tersebut.

Ditambahkan pria yang mengaku, selama 1 tahun 11 hari di Sumut baru pertama makan secara lesehan tersebut, pada kesempatan itu mengingatkan kepada segenap pengurus Pujakesuma Sumut, untuk tidak menjadi orang yang sombong. Karena pada prinsipnya, jabatan yang disandang adalah sebuah amanah.

“Jabatan itu amanah. Apa yang melekat, ketika kita sudah meninggal tidak dibawa. Setiap kita punya hati nurani. Dan hati nurani itu, tidak bisa dibayar, tidak bisa dihajar dan tidak bisa dihancurkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumut Chaidir Ritonga yang hadir pada kesempatan itu mengemukakan, etni Jawa di Sumut memiliki jumlah yang signifikan. Sekitar 40 persen dari 14 juta jiwa penduduk Sumut. Jika ini dimaksimalkan, terorganisir secara baik maka akan memberikan hal positif, bukan hanya bagi Sumut tapi juga bagi Indonesia dan dunia.

“40 persen atau sekitar 5,6 juta, dari 14 juta penduduk Sumut adalah etnis Jawa. Tapi, bila jumlah yang besar ini tidak terjalin dan tercerai berai, maka tidak akan berbuat apa-apa. Satu hal yang sangat melekat pada etnis Jawa adalah sikap dan sifat serta keuletannya, yang mana etnis Jawa sering dan selalu menjadi suri teladan,” ungkapnya.

Adapun Pengurus Wilayah (PW) Pujakesuma Sumut yang dilantik berdasarkan SK No.01/SK/Formatur/Mubes/III/PJK-K/20111 Tanggal 19 November 2011 antara lain, Ketua, Komisaris Polisi (Kompol) Drs. H Joko Susilo. Sekretaris, Rusmayadin Spd. Bendahara, Drs Indra Bhakti Lubis.

Selain pengurus Pujakesuma Sumut, turut dilantik pula Pengurus Wilayah (PW) Pemuda Pujakesuma Sumut yakni, Ketua, Danu Prayitno SE, MM. Sekretaris, Bobby Oktavianus SE. Bendahara, Bambang W SE. Pengurus Wilayah (PW) Wanita Pujakesuma Sumut diketuai, Hj Nuraida Ngogesa Sitepu, Sekretaris Hj Sri Madonna S.Sos dan Bendahara Fitri Syam Sumarno.

Acara yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB tersebut, dihadiri sejumlah tokoh Sumut dan bahkan tokoh nasional yakni, mantan Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Adi Sasono, Mantan Wali Kota Medan yang juga menjadi Penasehat Pujakesuma Sumut, Abdillah Ak, MBA, Asisten II Ekonomi Pembangunan Sumut Pemprovsu, Djaili Azwar, Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Wagirin Arman, Mantan Wakil Ketua DPRD Sumut Romo Raden Muhammad Syafi’I, Direktur Utama (Dirut) Bank Sumut, Gus Irawan, Walikota Siantar Hulman Sitorus, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Medan, HM Syaf Lubis, anggota DPRD Sumut Hardy Mulyono, serta sejumlah pejabat teras Pujakesuma Pusat dan Sumut lainnya.(ril/*)
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
81334 articles 33 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas