• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribun Medan

Pemprov Bangun Tol 250 Km

Jumat, 2 Maret 2012 21:58 WIB
Pemprov Bangun Tol 250 Km
TRIBUN MEDAN/DOK
Ilustrasi
* Telan Biaya Rp 9,1 Triliun
* Pembanguan Dimulai Akhir 2012

Laporan Reporter Tribun Medan

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan membangun jalan tol dengan panjang total sekitar 250 km. Pembangunan yang dilakukan konsorsium Pemprov Sumut dengan Jasa Marga ini diperkirakan akan menghabiskan biaya Rp 9,1 triliun.

Tiga paket pembangunan tol tersebut paling lambat akan dimulai akhir tahun ini atau awal 2013.

Paket pertama, jalan tol dari Medan-Kualanamu sepanjang 30,35 km dengan biaya Rp 1,34 triliun dan Kualanamu-Tebingtinggi sepanjang 41,72 km dengan biaya Rp 1,47 triliun.

Paket kedua, jalan tol yang menghubungkan Medan-Binjai sepanjang 15,8 km dengan biaya Rp 1,29 triliun.

Paket ketiga, jalan tol dari Tebingtinggi menuju Kisaran sepanjang 100 km dengan biaya Rp 4,5 triliun.

Di ruas jalan tol ini, sebelum sampai Kisaran ada junction atau persimpangan, daerah Simpang Kualatanjung sepanjang 12 km menuju Pelabuhan Kualatanjung.

Persimpangan kedua berada di daerah Limapuluh menuju Perdagangan berakhir di daerah Sei Mangke, sepanjang 50 km. Ini akan menghabiskan biaya sekitar Rp 500 miliar.

Lebar jalan tol diperkirakan mencapai 18 meter untuk masing-masing jalur, sehingga total lebarnya 36 meter.

Satu jalur terdiri atas tiga lajur. Lebar tersebut belum termasuk lebar median jalan sekitar 5,5 meter.

Sementara untuk lebar bahu dalam adalah 1,5 meter dan lebar bahu luar sekitar 3 meter.

Khusus untuk jalan dari Tebingtinggi menuju Kisaran, direncanakan dibangun full standard jalan tol dengan empat lalur.

Sementara untuk jalan dari Limapuluh ke Sei Mangke, sebagian jalan rencananya berbentuk high grade highway, karena lalulintasnya tidak terlalu padat.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumut Riadil Akhir Lubis kepada Tribun memaparkan, penandatangan untuk pembangunan jalan yang menjadi bagian Trans Sumatra dari Aceh-Lampung itu, sudah resmi dilakukan Plt Gubernur Sumut Gatot Pudjo Nugroho bersama Direktur Utama PT Jasa Marga, Adityawarman di Jakarta Timur, Rabu (29/2).
Pemprov Sumut berkomitmen dalam waktu dekat segera menyusun tim teknis untuk membahas desain dan pembangunan jalan tersebut.

"Beberapa sudah ada feasibility study. Komitmennya tentu saja untuk membantu memperlancar tranportasi guna menggenjot pertumbuhan ekonomi. Pulau Sumatera bisa terhubung dengan adanya komitmen dari masing-masing pemerintah provinsi," katanya, Kamis (1/3), usai mengikuti rapat Bappeda di Brastagi, Kabupaten Karo.

Proyek jalan tol itu, menurut Riadil, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Sementara untuk pembagian modal dalam pembangunan jalan tersebut, ia belum memerinci berapa kesanggupan Pemprov Sumut.  (ers) Selengkapnya baca edisi cetak halaman 7 hari ini

Penulis: Eris Estrada
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas