TribunMedan/

Cable Car Danau Toba Terpanjang

Pemerintah Kabupaten Simalungun berambisi membangun cable car atau kereta gantung terpanjang dunia di kawasan wisata Danau Toba.

Cable Car Danau Toba Terpanjang - danau_toba.jpg
ist
Danau Toba
TRIBUN-MEDAN.COM, SIMALUNGUN - Pemerintah Kabupaten Simalungun berambisi membangun cable car atau kereta gantung terpanjang dunia di kawasan wisata Danau Toba.

Panjangnya sekitar 15 km hingga 20 km, menghubungkan  Camping Ground Parapat hingga Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Simalungun.

Anggarannya diperkirakan Rp 25 miliar, yang diperjuangkan masuk dalam APBN 2013.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun, Jarinsen Saragih mengatakan rute cable car ini dimulai dari Camping Ground Parapat, singgah di sekitar Hotel Inna Parapat, Sidamanik, Sipolha, Tanjungunta, hingga Tigaras.
''Panjang cable car tersebut masih dalam tahap survei. Tapi diperkirakan sekitar 15 km hingga 20 km,'' katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/4/2012).

Jika cable car ini terwujud, Danau Toba akan memiliki kereta gantung terpanjang di dunia. Menurut wikipedia, cable car terpanjang di dunia saat ini ada di Swedia, yang menghubungkan Örträsk dan Mensträsk di Kota Norsjö, sepanjang 13,2 km. Awalnya, kereta kabel ini adalah bagian dari kereta pengangkut biji tambang sepanjang 96 km, yang dibangun pada 1940. Namun sejak 1989, pemerintah kota setempat mengalihkannya untuk melayani turis.

Cable car terpanjang kedua ada di Mérida, Venezuela. Panjangnya 12,5 km, menghubungkan Kota Mérida dengan Puncak Espejo di ketinggian 4.765 meter di atas permukaan laut.  Sedangkan di Asia, cable car terpanjang ada di Tianmenshan, Hunan, China. Panjangnya 7.455 meter menghubungkan Kota Zhangjiajie ke puncak Gunung Tianmen.

Cable car ini pilihan bagi pengunjung yang tidak berani melintasi Jalan 99 Belokan (saking banyaknya kelokan) yang disebut Jalan Menuju Surga.       


Selengkapnya baca headline Tribun Medan edisi cetak, Senin (23/04/2012)

Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help