A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Warga Malang Mulai Diserang Flu Singapura - Tribun Medan
Sabtu, 29 November 2014
Tribun Medan

Warga Malang Mulai Diserang Flu Singapura

Selasa, 24 April 2012 22:46 WIB

Warga Malang Mulai Diserang Flu Singapura - flu.jpg
KOMPAS/ANDY REZA HIDAYAT
Anak-anak Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok mengenakan masker seiring dengan merebaknya flu singapura di kawasan itu, Jumat (10/2/2012).
TRIBUN-MEDAN.COM, MALANG — Warga Kota Malang, Jawa Timur, mulai diserang wabah flu singapura. Sejak Selasa (24/4/2012),  ada satu orang yang terjangkit penyakit tersebut. Warga yang terjangkit tersebut bernama Novi Indah Kurniawati (25), warga Kelurahan Merjosari, Kota Malang. Ceritanya, Novi mengalami gejala berupa mual, muntah, dan nafsu makan berkurang. "Saat saya pulang kerja, malam hari, tubuh saya kedinginan," katanya.

Setelah menjalani perawatan di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Aisiyah diketahui  Novi positif mengidap penyakit flu singapura. Beruntung, Novi segera berobat sehingga langsung menjalani pengobatan dan pertolongan pertama. Dengan demikian, Novi cukup menjalani pengobatan rawat jalan.

Menurut Novi, dirinya merasakan telapak tangan dan kaki gatal terus. Adapun tenggorokan kering, radang tenggorokan, dan pembengkakan amandel. "Alhamdulillah, sekarang saya sudah bisa kerja lagi," kata perempuan yang bekerja sebagai kasir di sebuah perbankan di Kota Malang.

Namun, setiap hari, Novi harus terus menggunakan masker, kaos kaki dan tangan selama bekerja. "Semoga bisa cepat sembuh," kata perempuan yang enggan diambil gambarnya itu.

Menurut, dokter Budi Dharmawan, yang merawat Novi sejak awal, Novi itu tak perlu rawat inap karena suhu badan mulai berangsur turun dan tak disertai diare. "Sehingga, tak ada kegawatan dan pasien bisa kembali bekerja. Cukup istirahat dan menjaga daya tahan tubuh saja," katanya.

Di tempat berbeda, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Enny Sekar Rengganingati mengatakan, untuk kasus flu singapura adalah pertama di Kota Malang. Flu singapura yang juga dikenal dengan penyakit kuku tangan mulut disebabkan virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae.

"Kalau terjangkit penyakit itu harus cegah kontak dengan orang lain agar tak menular. Sejak hari ini, dinas kesehatan akan langsung menggelar penyuluhan untuk mencegah penularan," kata Enny.

Penyuluhan itu antara lain menjaga kebersihan, mencuci tangan, membersihkan hidung, dan membersihkan seluruh bagian tangan dan kaki, terutama kuku yang menjadi sarang kuman. "Selain itu, juga diharapkan untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Caranya, dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi," ujarnya.

Adapun gejala awal flu singapura, lanjut Enny, tubuh mengalami demam, disertai sakit leher, nafsu makan menurun, pilek, ruam di mulut, tangan, dan kaki. "Kadang demam tinggi hingga lebih dari 38 derajat celsius, disertai sesak napas, kejang-kejang, sariawan di rongga mulut." tuturnya.
Editor: Wiwi Deriana
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas