• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Medan

Cara Membuat Taman Berdiri

Minggu, 4 November 2012 23:33 WIB
Laporan Wartawan Tribun Medan/Averiana Barus

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - 
Jika selama ini taman di dinding dimaksimalkan dengan pot dinding, taman vertikal dapat dibangun melalui media tanam seperti geotekstil (4/11/2012). Tanaman-tanaman itu “diselipkan” pada lubang-lubang yang dibuat pada dua lapis kain geotekstil yang direkatkan. Kain dibentangkan pada baja ringan sehingga ajek. Kehadirannya sebagai pengganti modul yang selama ini banyak dipakai sebagai wadah tanam pada taman vertikal.

Kedalam dua lapis kain setebal 6 mm itu tidak ditambahkan lagi media tanam. Cukup mengandalkan media yang menempel di perakaran tanaman, karena tanpa isi media lapisan kain tipis sehingga tanaman bak tumbuh dari dinding.

Meski tanpa media tanam, toh tanaman tetap tumbuh subur. Hanya dalam sebulan tanaman sudah terlihat rimbun dan memenuhi seluruh permukaan media.

ntuk penyiraman taman vertikal dipasang pipa-pipa yang menyalurkan air langsung ke dalam boks kayu tadi. Cara ini praktis, dan kebutuhan air bagi tanaman pun terukur.

Sistemnya juga terpadu, dengan konsep recycle. Air bekas siraman atau air hujan bisa disalurkan melalui pipa-pipa dan ditampung dalam tangki yang ditempatkan di bawah tanah. Air ini kemudian diproses menjadi air yang layak untuk disiramkan lagi pada tanaman.

(cr2/tribun-medan.com)
Penulis: Averiana Barus
Editor: Raden Armand Firdaus
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
151392 articles 33 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas