Perayaan Thera Bhante Khemanando dan Bhante Pannasami

Kegiatan Sanghadana Kathina Season 2012 yang berlangsung di 12 Kota di Sumut ditandai dengan kegiatan istimewa yaitu perayaan

Laporan wartawan Tribun Medan/Wiwi Deriana

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kegiatan Sanghadana Kathina Season 2012 yang berlangsung di 12 Kota di Sumut ditandai dengan kegiatan istimewa yaitu perayaan pencapaian Thera dua Bhikkhu di kota pelaksana utama Medan. Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) menyiapkan rangkaian kegiatan perayaan Thera bagi Bhante Pannasami dan Bhante Khemanando yang berhasil  menjalani 10 masa vassa.

Masa vassa merupakan masa pada musim penghujan dimana para bhikkhu harus berdiam diri disuatu tempat dan mentaati aturan-aturan vassa. Massa vassa ini berlangsung selama 90 hari dimulai sehari sesudah purnama-sidhi bulan kedelapan (Asalhamasa) dan diakhiri pada purnamasidhi bulan kesebelas (Assajujamasa), menurut system perhitungan yang berakhir pada bulan oktober. Masa vassa menjadi waktu latihan dan membentuk pribadi spiritual dengan berlatih pendalaman dhamma melalui meditasi, memanjatkan paritta-paritta suci, introspeksi diri dan lainnya.

Upa.Wanhui PrajnaPutra, Ketua Panitia Medan mengungkapkan perayaan pencapaian Thera ini menjadi kesempatan berharga  bagi Umat Buddha untuk dapat bersumbangsih dalam kegembiraan atas keberhasilan Bhante Pannasami dan Bhante Khemmanando. Terlebih lagi, masa kathina merupakan saat yang tepat untuk mengikuti keteladanan dan kegigihkan seorang manusia dalam perjuangan mencapai kesempurnaan atas usaha sendiri. Perjuangan, pengabdian yang dipersembahkan Bhikkhu adalah kekuatan keyakinan bagi umat Buddha yang tiada habisnya.

Perayaan kathina dipersiapkan agar masyarakat luas dapat berkesempatan merayakan keberhasilan Bhante Pannasami dan Khemmanando selain partisipasi memberikan paket persembahan kepada Sangha di bulan yang penuh berkah. Tentunya perayaan ini akan memberikan makna tersendiri bagi umat yang memberikan paket persembahan” Ungkap Upa. Ony Hindra Kusuma, Ketua MBI Sumut di Tiara Convention Hall, Minggu (4/11/2012).

(der/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved