SMP Swasta Darussalam Medan Andalkan Mulok Keagamaan

SMP Swasta Darussalam Medan merupakan sekolah yang mempunyai ciri


Laporan wartawan Tribun Medan/Wiwi Deriana
TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN

Nama Sekolah : SMP Swasta Darussalam
Tahun berdiri: 1977
Jumlah siswa : 638 orang
Jumlah Kelas : 16 kelas
Guru + pegawai : 37 orang
Kepala Sekolah : Afridayani spd

SMP Swasta Darussalam Medan merupakan sekolah yang mempunyai ciri khas lebih ke Agama. Kepala Sekolah SMP, Afridayani mengatakan pada tahun 1993 sekolah ini bahkan mendapat juara umum sebagai sekolah umum berprestasi agama se Sumatera Utara.

"Pelajaran agama kita disini kurikulumnya tidak sama dengan mulok agama di sekolah lain, " katanya.

SMP disini menyediakan mulok al quran dan fiqh. Pada mulok al quran diajarkan bagaimana cara membaca al quran dan di fiqh lebih ke arah peraturan dan norma-norma dalam islam. Pad mulok fiqh, siswa akan langsung praktek. Semisalnya musim haji, mereka akan melakukan manasik haji ke asrama haji, Medan.

Di sekolah ini juga, siswa diajarkan bagaimana cara memandikan mayat, cara sholat yang benar dan zakat. Siswa akan diajarakan bagaimana cara berwudhu, bagiamana peraturan dan melaksanakan sholat yang benar dan bagaimana peraturan dan apakah zakat itu sebenarnya.

"Siswa juga diajarkan bagaimana doa dan cara memandikan mayat yang benar. Tujuan kita minimal mereka bisa mengaplikasikannya di dalam keluarga mereka, " ucapnya.

Sebagai sekolah yang berbasis keagamaan, sebelum memulai pelajaran siswa wajib membaca minimal lima ayat. Pembacaan ini tidak dilakukan secara bersama-sama namun dilakukan bergantian setiap harinya. Dengan diadakannya hal ini, pihak sekolah berharap setelah lulus nantinya, semua siswa bisa lancar membaca al-quran.


(der/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved