• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 20 Oktober 2014
Tribun Medan
Home » Sumut

Posko Desa Upaya Gatot Wujudkan Sumut Surplus Beras

Jumat, 28 Desember 2012 23:09 WIB


Laporan Wartawan Tribun Medan/ Feriansyah Nasution

TRIBUN-MEDAN.com, ASAHAN 
- Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST mengharapkan para petani memaksimalkan posko desa
 untuk mewujudkan kemajuan bidang pertanian. Dengan saling bertemu dan bertukar informasi di posko desa, maka cita-cita menjadikan Sumut surplus beras dapat terwujud.

Harapan ini diungkapkan Gatot Pujo Nugroho di Dusun V Desa Panca Arga, Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan, Kamis (27/12/2012). Demikian rilis Humas Pemprov Sumut diterima www.tribun-medan.com, Jumat (28/12/2012).

"Mohon keberadaan posko ini difungsikan secara maksimal sebagai media bertemu. Bersilaturahim saling belajar sehinga cita-cita surplus beras dapat terwujud,” kata Gatot ketika menghadiri silaturahim Posko Desa di Dusun V, Desa Panca Arga.
Bidang pertanian menurut Gatot menjadi salah satu bidang yang menjadi perhatiannya. Karena dari sektor inilah, visi rakyat tidak lapar bisa diperkuat.

Saat kunjungan di desa itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengalokasikan kegiatan pilot project SL-PTT Model padi non hibrida,
untuk peningkatan indeks pertanian (IP) yang telah dilakukan pada bulan juli tahun 2012.

Dalam kegiatan tersebut pemprov telah menyalurkan bantuan hand tractor sebanyak 20 unit. Bantuan serupa ini terbukti berhasil meningkatkan produksi dan produktivitas padi di Kabupaten Asahan sebesar 20 pesen (Aram II 2012).

Melihat keberhasilan ini mendorong, Kementerian Pertanian RI melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan kembali mengalokasikan kegiatan SL-PTT model sumber dana kontingensi.
 Dimana lewat program ini petani diberi fasilitas bantuan SL-PTT padi non hibrida spesifik lokasi berbentuk hand traktor 40 unit, dan SL-PTT padi non hibrida peningkatan IP bantuan berupa 60 unit hand traktor.
Sejauh ini Kabupaten Asahan merupakan penerima bantuan terbesar dari 22 kabupaten di Provinsi Sumut melalui alokasi dana APBN-P kontingensi .

Disamping bantuan bersumber dari dana APBN, Pemrovsu juga mengalokasikan berbagai kegiatan bersumber dari APBD Provsu yang dialokasikan untuk pengembangan dan peningkatan produksi tanaman padi seluas 40 H di Asahan.Tak hanya itu, petani juga mendapat bantuan benih padi sebanyak 1.000 Ha berikut sarana produksi serta berbagai bantuan lain.

"Saya berharap, segala bantuan ini bisa meningkatkan kebersamaan kita
demi mewujudkan Sumut sebagai lumbung ketahanan pangan,” kata Plt Gubernur Sumatera Utara.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP menyampaikan terimakasihnya atas berbagai bantuan yang diberikan Plt Gubernur Sumut.
Penulis: Feriansyah
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
220672 articles 33 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas