Gatot Resmikan Rumah Banjar di Kisaran

Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara gatot Pujo Nugroho


Laporan Wartawan Tribun Medan/ Feriansyah Nasution

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara gatot Pujo Nugroho melakukan pelatakan batu pertama pembangunan rumah adat Banjar, Rabu (9/1/2013) kemarin, di areal eks HGU PT BSP Kisaran.

Dalam rilis Humas Pemprov Sumut yang diterima www.tribun-medan.com, Kamis (10/1/2013) tadi, disebut, pada kesempatan itu Gatot Pujo Nugroho memberikan apresias kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan yang telah menata dengan baik keberadaan pembangunn rumah etnis sehingga Sumatera Utara sebagai miniature pusat kebudayan dapat terwujud.

"Terimakasih kepada Bupati Asahan yang telah menyeting pembangunan rumah adat para etnis yang ada di Asahan, artinya Pemkab Asahan telah memiliki modal dasar dari sebuah persatuan dan kesatuan," katanya.

Ia berharap dengan dibangunya rumah adat Banjar diareal yang telah disediahkan Pemkab Asahan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kembangkan dan gali potensi budaya etnis Banjar serta gali kearifan lokal.

"Gunakanlah rumah adat ini sebgai ajang silaturahmi antara suku ataupun dengan suku lain. Dengan keragaman budaya yang dimiliki harus dapat dikelola, agar nantinya hal ini menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa," katanya sambil meminta kepada Bupati Asahan untuk menambah sarana berupa open stik untuk para etnis yang ada di lahan tersebut.

Sementara Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang mengajak seluruh etnis untuk menyatukan barisan mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui pembangunan rumah – rumah adat serta dengan melestarikan seni budaya lokal.

"Mari kita pertahankan keberadaan budaya-udaya bangsa. Semoga rumah etnis ini dapat dijadikan tempat untuk bermusyawarah dan bermanfaat dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan serta kemandirian," katanya.

Sementara itu, ketua Paduan Masyarakat Keluarga Kalimatan (PMKK) Asahan, Ahyar berharap kepada plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho nantinya dapat meresmikan pembangunan rumah adat Banjar di Asahan.

"Kita berharap kedepan pak Gatot masih terpilih menjadi Gubsu, apalagi kini beliau memiliki nomor peserta lima atau sering disebut Ganteng, agar peresmian rumah adat ini dapat dilakukan oleh beliau nantinya, " ucap Ahyar. (*/fer/tribun-medan.com)

Penulis: Feriansyah
Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved