A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Banyak LSM dan Ormas Siantar Belum Daftar Ulang - Tribun Medan
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribun Medan
Home » Sumut

Banyak LSM dan Ormas Siantar Belum Daftar Ulang

Minggu, 10 Maret 2013 17:52 WIB



Laporan Wartawan Tribun Medan / Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR
-  Sebanyak 144 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kota Pematangsiantar hanya 79 gabungan LSM dan Ormas yang mendaftar ulang semenjak keluarnya Permendagri No 33 Tahun 2012. Hal ini dikatakan Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol dan Linmas, Gunawan Purba, Minggu (10/3/2013).

Ia menyatakan sesuai dengan Permendagri No 33 Tahun 2012 seluruh LSM dan Ormas diimbau harus mendaftar ulang ke Kesbangpol dan Linmas.

"Jadi saya mengimbau kepada seluruh LSM dan Ormas yang ada di Siantar harus melakukan daftar ulang karena PP No 18 Tahun 1986 mengenai LSM dan Ormas sudah direfisi dengan Permendagri No 33 Tahun 2012. Maka dari itu saya mengimbau kepada LSM dan Ormas untuk mendaftar ulang,"katanya.

Ia mengaku terbentuknya LSM dan Ormas di Siantar ini bagus asalkan bisa bermitra dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar. "Kalau LSM ataupun Ormas bermitra dengan Pemko, maka pembangunan di suatu daerah bisa berjalan dengan lancar. Kita semua mengetahui tugas LSM ataupun Ormas bisa memberi masukan kepada pemerintah kalau ada tugas atau pekerjaan pemerintah ada yang menyimpang,"ujarnya.

Jadi, katanya, LSM dan Ormas bisa memberi masukan kepada pemerintah apabila ada proyek atau pengerjaan yang tidak sesuai Standart Operasional (SOP). "LSM dan Ormas bekerja apabila proyek yang dikerjakan pemerintah itu sudah hancur walaupun baru dua bulan pengerjaan dan mereka juga bisa menyampaikan langsung kepada Wali Kota, Bupati dan Gubernur terkait masalah ini,"katanya.

Namun, aku Kaban Kesbangpol dan Linmas Kota Pematangsiantar ini, LSM dan Ormas sifatnya bukan memeriksa ataupun investigas, tugas mereka hanya mengawasi sedangkan untuk memeriksa atau investigasi itu merupakan wewenang KPK, BPK, BPKP dan Inspektorat.

Untuk itu, katanya, Kesbangpol dan Linmas mengimbau kepada seluruh LSM dan Ormas supaya meringankan langkah untuk mendaftar ulang dengan membawa persyaratan seperti Fc Akte Notaris /Akte pendirian dileges notaris, AD/ART, program kerja jangka panjang dan jangka pendek, susunan kepengurusan, biodata pengurusan harian untuk ketua, sekretaris dan bendahara dilampirkan dan pas photo warna ukuran 4x6 sebanyak selembar, Fc KTP pengurus harian untuk ketua, sekretaris dan bendahara yang berdomisili di Siantar, NPWP  Organisasi sesuai keberadaan organisasi, surat keterangan domisili kantor dari lurah, formulir isian dan data lapangan yang dikeluarkan kesbangpol dan linmas, lambang organisasi tidak diperbolehkan menggunakan lambang negara.

(Akb/tribun-medan.com)
Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas