Banyak Konsumsi Air dan Buah

Untuk mencegah terjadinya penyakit selama cuaca panas, DR.Dr.Umar


Laporan wartawan Tribun Medan/Wiwi

TRIBUN-MEDAN.com-Untuk mencegah terjadinya penyakit selama cuaca panas, DR.Dr.Umar Zein, DTM&H, Sp.PD, KPTI, FINASIM, Ketua Medical Education Unit (MEU)/Kepala Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK Univ.Prima Indonesia/RSU Royal Prima Medan  mengatakan masyarakat sebaiknya menghindari terekspos langsung dengan cuaca panas atau sinar matahari. Bagi orang yang harus berpergian atau keluar ruangan, sebaiknya mengenakan pelindung seperti masker, payung dan juga jaket.



Ia menuturkan cuaca yang sangat panas akhir-akhir ini membuat kebutuhan tubuh akan air juga semakin tinggi. Untuk itu, masyarakat harus mengkonsumsi banyak air putih, buah dan sayur.

"Konsumsi buah, sayur dan air putih ini harus jauh lebih banyak dari hari-hari biasa. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya dehidrasi,"ujarnya.

dr Umar juga mengatakan masyarakat juga harus menjaga kebersihan diri misalnya dengan mandi. Apalagi tubuh akan lebih mudah berkeringat. Hal ini untuk mencegah terjadinya gatal-gatal pada kulit. Bagi Anda yang mempunyai kulit yang rentan, sebaiknya memakai krim atau sunblock untuk menjaga kulit dari terpaan sinar matahari.

Bagi yang sudah terjangkit pilek atau batuk, dr Umar mengatakan sebaiknya istirahat dan cukup mengkonsumsi obat sakit kepala atau obat batuk. Namun bila dalam 2 atau tiga hari penyakitnya tidak kunjung sembuh maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.


 (der/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved