Cuaca Panas Sebabkan Berbagai Penyakit

Cuaca kota Medan memang sangat panas akhir-akhir ini. Cuaca yang


Laporan wartawan Tribun Medan/Wiwi Deriana

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Cuaca kota Medan memang sangat panas akhir-akhir ini. Cuaca yang demikian tentunya membawa dampak pada kesehatan masyarakat. DR.Dr.Umar Zein, DTM&H, Sp.PD, KPTI, FINASIM, Ketua Medical Education Unit (MEU)/Kepala Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK Univ.Prima Indonesia/RSU Royal Prima Medan mengatakan cuaca panas yang disertai dengan polusi udara membuat tubuh semakin mudah terserang penyakit.

Ia mengatakan bagian tubuh yang paling mudah terserang penyakit dalam cuaca yang sangat panas adalah saluran nafas dan kulit.

"Yang paling rentan terkena penyakit adalah anak-anak, balita,ibu menyusui,ibu hamil,lansia, penderita penyakit kronik seperti diabetes, penyakit jantung, paru dan rematik. Bagi penderita penyakit kronik, penyakit mereka akan lebih sering kambuh dan terasa sakit karena cuaca yang sangat panas,"ucapnya.

Bagi orang biasa yang tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, Ia mengatakan bisa terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) dan penyakit kulit. dr Umar mengatakan saat udara panas, pori-pori kulit menutup sehingga bisa menyebabkan alergi dan gatal-gatal. Tak hanya itu, selaput lendir pada mulut dan kerongkongan juga terganggu sehingga bisa menyebabkan masyarakat terkena ISPA.

"Mengapa tadi saya katakan yang paling rentan orang yang mempunyai penyakit kronik, balita, lansia dan ibu hamil dan menyusui karena pada umumnya orang yang sudah biasa di jalan atau di luar ruangan daya tahan tubuhnya lebih kuat. Namun tidak menutup kemungkinan mereka bisa terkena juga,"ucapnya.


(der/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved