Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Medan

Mahasiswa Hanya Bayar Uang Kuliah Satu Tahun

Selasa, 2 April 2013 23:13 WIB



Laporan Wartawan Tribun Medan/ Adol Frian Rumaijuk


TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (Stikom) Medan membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru tahun ajaran 2013/2014. Bagi mahasiswa yang membayar tunai uang kuliah satu tahun, akan membawa pulang satu unit laptop.

Persyaratan yang dipenuhi seorang calon mahasiswa untuk mendapatkan satu unit laptop cukup dengan membayar ful uang kuliah selama satu tahun pertama. “Akan membawa pulang laptop sebelum perkuliahan dilaksanakan,” ujar Ketua Stikom Medan Wanra Tarigan MKom ketika ditemui Tribun di kantornya, Selasa (2/4/2013).

Keistimewaan lain yang akan diperoleh seorang mahasiswa di Stikom Medan yang beralamat di Jl Iskandar Muda nomor 45 depan Kantor Pos Pringgan, hanya akan dibebankan uang kuliah satu tahun selama mengikuti perkuliahan. Tentu tidak diterima seorang mahasiswa dengan percuma.

“Mahasiswa berprestasi dengan nilai tertinggi setiap semester, tidak akan membayar uang kuliah pada semester berikutnya. Jika bisa mempertahankan prestasi, maka tidak akan membayar uang kuliah sampai tamat,” ujarnya.

Bukan saja tidak mambayar uang kuliah, melainkan seorang mahasiswa akan mendapat keuntungan yang lebih banyak. Akan dipekerjakan menjadi seorang asisten, saat masih kuliah.
Bukan saja menjadi asisten, namun banyak posisi yang akan diberikan sebelum si mahasiswa menyelesaikan kuliahnya. Diberikan uang saku dan setelah tamat, jika memperoleh nilai terbaik setiap semesternya akan diajak bergabung dan menjadi staf dan pegawai yayasan.

Selain itu juga, saat ini sedang dijajaki pihak yayasan untuk menciptakan kerjasama dengan pihak ketiga. Untuk mengajak seluruh mahasiswa berwirausaha. Harapannya, mahasiswa turut mengerti bagaimana mencari uang dari hal kecil.

Kini, lembaga pendidikan yang mendapat Akreditasi dari BAN-PT no.:029/BAN-PT/Ak-XIII/S1/2010. Jurusan strata satu (S1) dibuka jurusan Sistem Informatika, Teknik Informatika, dan Sistem Komputer. Sementara untuk pendidikan diploma 3 (D3) dibuka dua jurusan yaitu Teknik Komputer, dan Manajemen Informatika. Waktu pendafataran gelombang I sampai tanggal 8 juni 2-13, gelombang ke-II sampai tanggal 6 Juli 2013, dan gelombang ke-III sampai tanggal 31 Agustus 2013.

Dibuka juga kelas executive setiap Jumat dan Sabtu. Yang diperuntukkan bagi mereka yang sedang bekerja, dan hanya memiliki waktu diakir pekan untuk melanjutkan studinya. “Kita berikan kesempatan bagi mereka yang sedang bekerja dan ingin melanjutkan studinya ke S1,” ujarnya.

Kini, Stikom Medan juga membuka Kuliah Semester Genap. Awal perkuliahan dimulai dari 11 Maret 2013. “Ini menjadi partisipasi kita kepada mereka yang sedang bekerja, maupun mereka yang sebelumnya belum menentukan melanjutkan kuliah atau tidak,” ujar Ketua Yayasan Stikom Medan Drs Tenang Malem Tarigan MSiAk.

Dijelaskan Tenang, selama ini mahasiswa berprestasi di yayasannya juga selalu diupayakan untuk mendapatkan beasiswa dari kopertis dan pihak lainnya. Sementara kepada calon mahasiswa yang merupakan akan guru baik PNS maupun guru swasta diberikan potongan uang kuliah mulai tahun ke-II potongan uang kuliah 30 persen. Juga akan diberikan keringanan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. “Dibuktikan dengan tertulis, bahwa seorang calon mahasiswa adalah anak guru atau petugas sekolah, atau kurang mampu,” ujarnya. (afr/tribun-medan.com)
Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas