• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Medan
Home » Sumut

1180 Caleg Berebut 100 Kursi DPRD Sumut

Senin, 22 April 2013 23:51 WIB


Laporan Wartawan Tribun Medan/Feriansyah Nasution

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN
- 1180 calon legislatif akan bertarung memperebutkan 100 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut pada Pemilu 2014 mendatang. Berdasarkan data yang dihimpun Tribun dari KPU Sumut daftar calon sementara (DCS) masing-masing partai politik yang masuk ke KPU, yakni PKS 99 caleg, Partai Golkar 100 caleg, PAN 100 caleg, Partai Demokrat 100 caleg, PKB 100 caleg, Partai NasDem 100 caleg, PBB 94 caleg, PPP 94 caleg, PDIP 100 caleg, Partai Hanura 100 caleg, Partai Gerindra 100 caleg dan PKPI 93 caleg.

Dihari pendaftaran terakhir ini, sebanyak delapan partai politik (parpol) memasukkan daftar calon sementara (DCS) mereka ke KPU Sumut. Berturut-turut mendaftar PKB, NasDem, PBB, PPP, PDIP, Hanura, Gerindra dan PKPI.

Nama Saktiawan Sinaga, Gelandang penyerang PSMS Medan masuk dalam DCS (daftar calon sementara) calon anggota legislatif (Caleg) untuk DPRD Sumut dari DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumut.

Ketua DPW PKB Sumut Ance mengatakan, pihaknya memenuhi 100 persen kuota caleg yang ditetapkan KPU untuk 12 dapil di Sumut.

DPW Partai NasDem Sumut mendaftarkan 100 caleg. Ketua DPW Partai NasDem Sumut Ali Umri, mengatakan dari 100 orang caleg yang didaftarkan sekitar 37 persen sesuai keterwakilan perempuan.

"Kami menargetkan 30 persen kursi di tingkat provinsi, kabupaten/ kota dan di DPR RI," kata Ali Umri, usai mendaftarkan ke KPU Sumut.

Sementaraa, Ketua DPW PBB Sumut Masri Sitanggang, mengatakan pihaknya mendaftarkan 94 caleg di DCS. Menurutnya, ada sejumlah tokoh yang masuk dalam DCS terutama dari kalangan ormas dan aktivis Islam.

"Kami memang meminta ke ormas Islam yang selama ini memang menjadi bagian besar PBB. Ada yang mengirimkan nama, ada juga yang tidak," katanya.

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) Sumut tidak mendaftarkan full 100 bakal calon anggota DPRD Sumut. Mereka hanya mendaftarkan 94 bacaleg ke KPU Sumut, Senin (22/4).

"Ada beberapa daerah tidak kita penuhi, karena kita juga membutuhkan tenaga besar untuk kerja-kerja partai," ujar Ketua DPW PPP Sumut Fadly Nurzal kepada Tribun.

Ia mengatakan, partainya tidak menargetkan kursi namun mengutamakan kesuksesan konsolidasi internal.

"Kalau konsolidasi berhasil secara maksimal, kami meyakini kursi akan naik. Sebaliknya kalau konsolidasi gagal, kursi akan turun," ujarnya.

DPD PDI Perjuangan Sumut menempatkan 60 persen kadernya menjadi calon anggota legislatif untuk bertarung di DPRD Sumut. Sedangkan 40 persen lainnya yang masuk dalam DCS berasal dari non kader.

"40 persen non kader berasal dari profesional, tokoh muda, dokter, pengacara," ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Panda Nababan dalam keterangan persnya di KPU Sumut.

Disebut pula, satu orang diantara 40 persen tersebut berasal dari Parpol yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2014, yakni Penyabar Nakhe yang merupakan Sekjen Partai Damai Sejahtera (PDS) Sumut.

Panda melanjutkan, dari 12 anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, satu diantaranya naik ring menjadi caleg DPR RI, satu orang yakni Samsul Hilal akan naik ring maju menjadi caleg untuk DPR RI. 10 orang tetap menjadi calon DPRD Provinsi dan satu orang lagi yakni Japorman Saragih tidak mencalonkan diri kembali.

Disinggung soal target, Panda tak ingin berkomentar banyak. Panda menyebutkan pihaknya hanya berkaca dari perolehan suara yang diraih pada Pilgub Sumut lalu. " Itu kelihatan pada saat pilgub, tapi kita tak mau terlalu mengada-ada," ujarnya.

Ketua DPD Partai Hanura Sumut Zulkifli Efendi Siregar, mengatakan partainya mendaftarkan 100 bakal caleg untuk DPRD Sumut sesuai dengan kuota yang diwajibkan KPU. Ia mengakui ada sejumlah Anggota DPRD Sumut yang bergabung ke Partai Hanura karena partainya tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2014.

"Untuk PDS semuanya gabung ke Hanura. Seperti Tohonan Silalahi, Murni Munthe dan Dermawan Sembiring," katanya di Kantor KPU Sumut.

Selain dari FPDS, ada juga sejumlah anggota Dewan asal PPRN yang bergabung ke Hanura yakni Rinawati Sianturi. Soal daerah pemilihan, katanya, ada sejumlah pergeseran, termasuk dirinya.

"Saya pulang kampung, ke dapil Tabagsel. Sebelumnya saya dapil Deliserdang. Sebagai penggantinya, ada Pak Dermawan Sembiring," katanya.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumut Ramses Simbolon menyebut, tiga anggota DPRD Sumut dari Gerindra maju kembali. "Kita daftarkan 100 caleg, tiga diantaranya merupakan Anggota DPRD Sumut sekarang. Pemilu 2014 kitaaa ditarget pusat dapat 30 persen kursi di DPRD Sumut," ujar Ramses.

Sementara Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sumut, Haryanto, menyebut, pihaknya mendaftarkan 93 caleg dalam DCS untuk DPRD Sumut. "Kami hanya daftarkan 93 orang. Karena sebaran yang mendaftar jumlahnya tidak merata dan hanya itu bisa segera melengkapi berkas yang diperlukan," ujarnya.

Saat ditanya soal Anggota DPRD Sumut, Washington Pane, apakah ada dalam DCS, ia tidak membantahnya. Ia mengisyaratkan politisi PPRN itu masuk daftar. "Saya tidak ingat persis. Kemungkinan ada nama Washington Pane. Lihat saja nanti lah," ujarnya.

Sementara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumut telah mendaftarkan 99 caleg lebih awal. Disusul mendaftar Partai Golkar menyerahkan 100 caleg, PAN dan Partai Demokrat, juga masing-masing menyerahkan 100 caleg. (fer/tribun-medan.com)
Penulis: Feriansyah
Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas