Home »

Sumut

1180 Caleg Berebut 100 Kursi DPRD Sumut

1180 calon legislatif akan bertarung memperebutkan 100 kursi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - 1180 calon legislatif akan bertarung memperebutkan 100 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut pada Pemilu 2014 mendatang. Berdasarkan data yang dihimpun Tribun dari KPU Sumut daftar calon sementara (DCS) masing-masing partai politik yang masuk ke KPU, yakni PKS 99 caleg, Partai Golkar 100 caleg, PAN 100 caleg, Partai Demokrat 100 caleg, PKB 100 caleg, Partai NasDem 100 caleg, PBB 94 caleg, PPP 94 caleg, PDIP 100 caleg, Partai Hanura 100 caleg, Partai Gerindra 100 caleg dan PKPI 93 caleg.

Dihari pendaftaran terakhir ini, sebanyak delapan partai politik (parpol) memasukkan daftar calon sementara (DCS) mereka ke KPU Sumut. Berturut-turut mendaftar PKB, NasDem, PBB, PPP, PDIP, Hanura, Gerindra dan PKPI.

Nama Saktiawan Sinaga, Gelandang penyerang PSMS Medan masuk dalam DCS (daftar calon sementara) calon anggota legislatif (Caleg) untuk DPRD Sumut dari DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumut.

Ketua DPW PKB Sumut Ance mengatakan, pihaknya memenuhi 100 persen kuota caleg yang ditetapkan KPU untuk 12 dapil di Sumut.

DPW Partai NasDem Sumut mendaftarkan 100 caleg. Ketua DPW Partai NasDem Sumut Ali Umri, mengatakan dari 100 orang caleg yang didaftarkan sekitar 37 persen sesuai keterwakilan perempuan.

"Kami menargetkan 30 persen kursi di tingkat provinsi, kabupaten/ kota dan di DPR RI," kata Ali Umri, usai mendaftarkan ke KPU Sumut.

Sementaraa, Ketua DPW PBB Sumut Masri Sitanggang, mengatakan pihaknya mendaftarkan 94 caleg di DCS. Menurutnya, ada sejumlah tokoh yang masuk dalam DCS terutama dari kalangan ormas dan aktivis Islam.

"Kami memang meminta ke ormas Islam yang selama ini memang menjadi bagian besar PBB. Ada yang mengirimkan nama, ada juga yang tidak," katanya.

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) Sumut tidak mendaftarkan full 100 bakal calon anggota DPRD Sumut. Mereka hanya mendaftarkan 94 bacaleg ke KPU Sumut, Senin (22/4).

"Ada beberapa daerah tidak kita penuhi, karena kita juga membutuhkan tenaga besar untuk kerja-kerja partai," ujar Ketua DPW PPP Sumut Fadly Nurzal kepada Tribun.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Feriansyah
Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help