Laporan Wartawan Tribun Medan, M Azhari Tanjung

TRIBUN –MEDAN.com, BINJAI
-
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat targetkan 18 sekolah raih Piala Adiwiyata Mandiri 2014 mendatang. Menyusul empat sekolah yang telah meraih Piala tersebut 2013 ini dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Hal tersebut diucapkan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu disela-sela penyerahan Piala Adiwiyata Mandiri kepada empat sekolah sebagai sekolah hijau berwawasan lingkungan 2013 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Jalan Proklamasi, Stabat, Rabu (12/6).

Keempat sekolah tersebut yakni, SMAN 1 Padang Tualang, SMPN I Stabta, SDN 050728 Tanjung Pura, SDN 058111 Sawit Sebrang.

"Adiwiyata ini sudah keempat kali dan tahun ini, empat sekolah mendapatkannya. Kedepan, juga akan menyusul 18 sekolah raih wiyata nasional. Kita harapkan empat sekolah ini diikuti sekolah lainnya," ungkap Ngogesa.

Ia pun mengharapkan, ke-18 sekolah yang ditargetkan meraih Piala Adiwiyata Mandiri 2014 mempersiapkan diri sejak sekarang. Sekolah-sekolah tersebut pun mulai berbenah diri menjadikan lingkungan sekolah hijau berwawasan lingkungan.

Selain meraih Piala Adiwiyata Mandiri, Kabupaten Langkat juga mencatatkan diri mempertahankan Piala Adipura untuk ketujuhkalinya. Diakuinya, dengan pencapaian Piala Adipura ini menunjukkan bekerhasilan masyarakat Langkat menjaga dan mengelola lingkungan maupun kebersihan. Hal ini pula penilaian tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dengan kriteria kebersihan jalan setapak, selokan, hutan kota, bak penampungan.


Lebih Lanjut dirinya mengatakan, pencapaian Piala Adipura dan Adiwiyata Mandiri 2013 tersebut merupakan ppretasi kerjasama semua pihak. Hal ini pula yang mendikasikan masyarakat Langkat mengerti dan membutuhkan lingkungan yang hijau dan bersih.

"Ini menjadikan kebersihan jadi bagian kebutuhan kita. Tanggungjawab moral untuk tumbuh kembangkan murid terhadap lingkungan. Apa yang telah diraih ini, tidak semestinya membuat berpuas diri namun menjadi motivasi tantangan besar makin lebih baik kedepan," tandasnya.

Tak lupa, Ngogesa pun mengucapkan terima kasihnya kepada pasukan kuning menjadi garda terdepan menjaga kebersihan.

Wakil Ketua DPRD Langkat Suri Alam yang mewakili masyarakat Kabupaten Langkat, mengharapkan pencapaian tersebut kiranya dapat dipertahankan dan ditingkatkan lebih baik lagi (ari/tribun-medan.com)