• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Medan
Home » Sumut

Penurunan Ekonomi Bank Dunia Tak Pengaruhi Indonesia

Kamis, 4 Juli 2013 19:27 WIB

Laporan Wartawan Tribun Medan /Eris Estrada Sembiring

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Bank Dunia memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi didunia akan semakin menurun pada tahun ini, tepatnya di bawah 6 persen. Walaupun begitu, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap berada di level 6 bahkan lebih. Wakil Menteri Keuangan RI, Mahendra Siregar menyatakan bahwa ada kemungkinan prediksi bank dunia tersebut terjadi. Namun diyakini tidak terlalu berdampak untuk Indonesia

"Kalau berdasarkan perhitungan dari Maret dan April kemarin, memang ada penurunan pertumbuhan ekonomi dari world bank. Tapi hal tersebut tidak akan berdampak pada Indonesia, karena ekonomi kita memang masih baik," ujarnya dalam pelaksanaan sidang SOM III Apec di Santika Dyandra Premiere Medan, Kamis, 4/7).

Dijelaskannya, beberapa faktor yang menyatakan bahwa Indonesia tidak akan akan sesuai dengan prediksi Bank Dunia, karena pertumbuhan Indonesia masih dalam kategori baik. Kondisi fiskal juga demikian, serta pembiayaan Indonesia yang masih lebih baik dan lebih sehat bila dibandingkan dengan negara lain. Dan kondisi fiskal Indonesia yang saat ini masih baik. "Walaupun utang kita banyak, tetapi bisa dikatakan bahwa kita mampu untuk membayar. Karena nominal utang bila dibandingkan dengan PDB sangat besar," lanjutnya.

Kondisi fiskal dunia saat ini rata-rata berada di angka 23 persen. Sedangkan Indonesia masih berada 53 persen. Sedangkan dalam membayar pembiayaan, Indonesia bisa dikatakan mampu untuk membayar utang-utangnya secara menyicil. "Kalau negara lain, ada yang hampir mencapai tengat waktu, dan lainnya. Kalau kita bisa membayar tepat waktu sesuai dengan perjanjian," tambahnya.

Untuk mempertahankan agar pertumbuhan ekonomi tetap stabil dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, anggaran APBN yang disalurkan langsung dilakukan tepat waktu dan tepat sasaran. Selain itu, mempelancara arus barang yang keluar masuk dari daerah atau Indonesia.

"Setidaknya dengan persiapan ini, pertumbuhan kita tidak terlalu jatuh bila dibandingkan dengan negara lainnya," tambahnya. (ers/tribun-medan.com)

Penulis: Eris Estrada
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas