• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Medan
Home » Sumut

Gunung Sinabung Berstatus Waspada, Itu Sudah Biasa

Rabu, 14 Agustus 2013 18:16 WIB

Laporan Wartawan Tribun Medan : Eris Estrada Sembiring

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Bidang Geologi dan Sumber Daya Mineral Dinas Pertambangan Sumatera Utara, Gagarin Sembiring menyatakan, status Gunung Sinabung yang dikabarkan sudah masuk level Waspada alias level II, masih tergolong baik. Status level II ini memang lazim dikenakan kepada Gunung Sinabung, bahkan pasca September 2010 silam ketika statusnya dikatakan sempat aktif, tetap di level yang sama.

 

Gagarin mengakui hingga saat ini pihaknya masih terus mendapatkan laporan dari Pos Pengamat Gunung Api Sinabung. Karena, untuk daerah, pos ini berada di bawah wewenang dinasnya. "Tiap bulan kita masih dapat laporan dari sana (Tanah Karo). Dan dari laporan terakhir, status Sinabung masih baik," katanya, Rabu (14/8) di Medan.

 

Ia mengakui secara otoritas, Pos Pengamat Sinabung tersebut memang bertanggungjawab langsung ke Pusat Vulkananologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. Walaupun begitu, mereka harus mengirimkan laporan terkait gunung tertinggi di Sumatera Utara tersebut.

 

"Kalau saat ini, intensitasnya masih sebulan sekali. Tetapi, kalau sudah naik ke level Siaga (III), baru setiap hari," jelasnya.

 

Terkait dengan kebebasan masyarakat untuk mengunjungi kawasan pariwisata tersebut, Gagarin belum bisa memastikan, apakah tertutup atau terbuka. Karena yang lebih baik memberikan jawaban adalah pos pengamat. "Saya hanya bisa berkata, siapa yang ingin berkunjung ke Sinabung, lapor dulu lah ke Pos Pengamatan. Karena mereka yang lebih relevan memberikan jawaban. Apakah di perbolehkan atau tidak. Karena bentar lagi masuk 17 Agustus, jadi akan lebih banyak yang berkunjung ke sana," pungkasnya.

 

Pihak Pos Pengamat Sinabung hingga saat ini belum bisa dihubungi terkait status gunung setinggi 2.460 meter diatas permukaan laut tersebut. Namun Pemkab Karo memang mengakui aktivitas Gunung Sinabung, sesuai laporan pihak PVMBG pada awal bulan ini, berdasarkan data pengamatan secara instrumental (seismik) dan secara visual, ada mengalami sedikit peningkatan gempa vulkanik dalam (VA) dari bulan sebelumnya (Juni dan Juli 2013).

 

“Tapi statusnya tetap, tidak ada perubahan. Masyarakat diimbau tidak panik,” ujar Kabid Humas Pemkab Karo, Johnson Tarigan. (ers/tribun-medan.com)

Penulis: Eris Estrada
Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
460032 articles 33 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas