• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 Juli 2014
Tribun Medan

Porkot V Kota Medan Digelar 5-12 Oktober

Senin, 26 Agustus 2013 12:02 WIB


Laporan Wartawan Tribun Medan/ Adol Frian Rumaijuk

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketua Umum Koni Kota Medan, Zulhifzi Lubis mengatakan, Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan ke-V akan kembali digelar mulai tanggal 5 hingga 12 Oktober mendatang. Diharapkan dapat mencetak atlet berprestasi dari Medan yang diharapkan mampu mendominasi prestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 mendatang yang akan digelar di Jawa Barat.

“Selama ini kontribusi Porkot Medan untuk mencetak atlet berprestasi di ajang PON itu sangat besar. Seperti di PON tahun lalu di Riau, 85 persen atlet yang berangkat ke sana merupakan atlet kota Medan dan 13 atlet yang meraih medali emas itu berasal dari kota Medan,” kata pria yang akrab disapa Opung Ladon itu.

Untuk itulah, Porkot tahun ini diharapkan dapat mencetak atlet untuk PON tahun 2016 mendatang. “Kami targetkan atlet dari Medan sebanyak 99 persen yang berangkat ke PON 2016 mewakili Sumut. Kita akan terus mempersiapkannya mulai dari Porkot, Porwil Sumatera, Pra PON hingga ke PON,” jelasnya.

Dijelaskannya, untuk Porkot sendiri akan dibuka tanggal 5 Oktober dan ditutup tanggal 12 Oktober di Stadion Teladan Medan. “Peserta yang akan mengikutinya nanti merupakan atlet se kota Medan, seperti tahun lalu itu pesertanya sampai 5.000 orang, kita harapkan tahun ini juga seperti itu. Para atlet nantinya akan mengikuti 33 cabang olahraga,” kata Opung Ladon.

Ditegaskannya dalam Porkot kali ini pihaknya juga akan ekstra mengawasi perpidahan atlet. Sebab selama ini masih banyak kecurangan yang terjadi karena perpindahan pemain yang tidak sesuai aturan. “Sesuai peraturan dari awal, atlet yang berhak mengikuti merupakan atlet kota Medan. Kalaupun ada perpindahan dari kecamatan A ke kecamatan B itu juga harus jelas. Memang tidak bisa kita pungkiri di pihak kelurahan dan kecamatan sering terjadi perpindahan pemain, tapi itu akan kita awasi secara bersama-sama,” terangnya.

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan HT Dzulmi Eldin S MSi menyambut baik akan digelarnya Porkot ke-V ini. Diharapkannya, ajang ini dapat mencetak atlet kota Medan yang berprestasi sehingga bisa mengikuti PON tahun mendatang. “Saya harapkan agar dalam Porkot ke- V ini kita mengedepankan prestasi, jangan lagi kita mengedepankan nama baik dari kecamatan masing-masing, sehingga tetap sportif karena siapapun yang berprestasi nantinya di Porkot ini merupakan atlet kota Medan dan akan menjadi kebanggaan kita bersama,” terang Eldin.

Untuk itulah dalam kesempatan tersebut, Eldin meminta Kepada Kadis Pendidikan dan Kadispora Medan agar dapat berkoordinasi dengan baik untuk menyukseskan Porkot ini. “Saya minta dukungan Camat dan Lurah untuk mencari atlet berprestasi di lingkungannya untuk mengikuti ajang ini, begitu juga dengan Kadis Pendidikan agar dapat menginformasikan ajang ini kepada siswa,” terang Eldin.

Ke depan kata Eldin, diharapkannya pasca Porkot ke-V, Koni Kota Medan tetap terus melakukan pembinaan atlet kota Medan. “Atlet yang berprestasi saya harapkan harus dapat terus dibina karena banyak sekali atlet kita yang berprestasi akhirnya beralih ke daerah lain karena kurangnya perhatian seperti atlet renang dan lainnya, makanya saya harapkan atlet yang telah berprestasi untuk terus dilakukan pembinaan,” kata Eldin.

(afr/tribun-medan.com)

Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas