Ribuan Orang Urus BPJS

BREAKING NEWS: PT Askes Hanya Menyiagakan 3 Petugas

Setelah merubah jatidiri sebagai BPJS, PT Askes merupakan instansi tersibuk saat ini. Bagaimana tidak, dengan banyaknya

Citizen Reporter

Oleh Dian Tito

TRIBUN-MEDAN.com-Setelah merubah jatidiri sebagai BPJS, PT Askes merupakan instansi tersibuk saat ini. Bagaimana tidak, dengan banyaknya masyarakat yang harus dilayani untuk peralihan ke BPJS, PT Askes hanya mensiagakan 3 petugas. Sementara masyarakat harus dilayani. Baik itu masyarakat peserta Askes, Jamkesmas bahkan sampai ke masyarakat yang ingin jadi peserta.

Kejadian ini saya lihat di kantor Askes di Jalan Karya. Setumpuk masyarakat yang datang ke kantor itu hanya dilayani 3 orang. Bagaimana bisa selesai? Saya rasa itu tidak akan selesai kalau yang melayani ratusan masyarakat hanya tiga petugas.

Saran dan masukan dari saya, pihak PT Askes harus mensortir para petugas dan bertujuan agar pelayanan maksimal. Misal, untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai peserta kartu Askes dilayani dengan satu petugas, untuk pegawai swasta yang menggunakan Askes juga dilayani satu petugas dan untuk masyarakat yang menggunakan Jamkesmas dilayani lebih dari dua petugas.

Saya rasa dengan sistem seperti itu, peralihan ke BPJS bisa dengan cepat terakomodir. Dengan sistem seperti itu juga, bisa membuat PNS, Pegawai Swasta bahkan masyarakat yang berurusan tidak menunggu terlalu lama sampai seharian penuh hanya untuk mengurus BPJS.

Acapkali kita melihat setiap pengurusan seperti ini, ada masyarakat yang sudah menunggu lama namun disuruh datang dikemudian hari lagi karena keterbatasan waktu. Kejadian seperti ini yang harus kita cari solusinya. Mudah-mudahan masukan dari saya dengan membagi para petugas Askes yang melayani masyarakat bisa diaplikasikan PT Askes.

Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved