• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Tribun Medan

Bus APTB Baru Jokowi "Nyasar" ke Rumah Makan

Jumat, 24 Januari 2014 17:44 WIB

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan peluncuran sebanyak 10 bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway atau APTB di selter Slipi-Petamburan, Jakarta, Jumat (24/1/2014) siang. Namun, Jokowi terkejut lantaran bus yang ditumpangiya nyasar ke sebuah rumah makan.

Semula Jokowi mencoba menaiki bus dengan jurusan Kalideres-Cikarang tersebut. Dari selter Slipi-Petamburan, bus perlahan berjalan ke arah Pancoran. Jokowi yang memilih berdiri di kabin belakang tidak menyadari bahwa rute bus beda dari seharusnya.

Bus itu ternyata tidak beroperasi layaknya bus APTB lain. Bus baru itu dikhususkan bagi rombongan peresmian dengan rute selter Slipi-Petamburan ke sebuah rumah makan di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Setelah bus masuk ke halaman restoran, Jokowi tampak terkejut.

"Loh, saya kira ini rutenya ke Kalideres, kok malah ke sini?" ujar Jokowi sambil tertawa.

Di sela peresmian, Jokowi mengatakan bahwa 10 bus baru APTB tersebut langsung beroperasi menambah 143 bus APTB yang telah ada. Bus-bus baru itu akan beroperasi di rute APTB14 Cikarang-Kalideres via Cibitung-Grogol-Daan Mogot oleh operator PT Mayasari Bhakti.

"Kita harus kenalkan ke masyarakat ada APTB ini. Kita harap, ada banyak warga yang meninggalkan mobilnya dan naik APTB," kata Jokowi.

Dinas Perhubungan Jakarta mencatat jumlah warga Tangerang yang berlalu lintas dari dan ke Jakarta sebanyak 1.158.486 orang. Dari jumlah itu, 75 persen di antaranya menggunakan motor dan mobil. Sementara itu, Bekasi menyumbang 1.330.544 orang komuter, di mana 77 persennya menggunakan motor dan mobil. Dari Bogor dan Depok, 73 persen dari 1.185.403 orang komuter menggunakan motor dan mobil.

Jokowi memastikan pengelolaan bus APTB telah sesuai standar Pemprov DKI Jakarta. Setiap lima tahun, bus-bus itu akan diremajakan dengan cara diganti bus baru.

Editor: Raden Armand Firdaus
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas