Ada 22 Spesies Ikan di Sungai Asahan

Ketika memberikan materi pada Seminar Nasional Biologi di FMIPA USU, Ternala Alexander Barus mengatakan

Laporan Wartawan Tribun Medan / Jefri Susetio

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketika memberikan materi pada Seminar Nasional Biologi di FMIPA USU, Ternala Alexander Barus mengatakan informasi yang diperoleh dari nelayan setempat bahwa jenis ikan kerap ditemui ada 14 spesies diantaranya Ikan mujahir, ikan kepala timah, ikan seribu, ikan gurami, ikan sepat, ikan gabus, ikan nila, ikan mas.

"Selain itu, terdapat satu ikan endemik yaitu ikan yang hanya terdapat di Danau Toba atau Sungai Asahan yakni, Ikan Batak. Jenis ikan ini sudah terancam punah berdasarkan kriteria IUCN (International Union For The Conservation Of Nature). Padahal dahulu jenis ikan ini kerap disajikan pada berbagai acara pesta adat, sekarang masyarakat sudah sangat sulit menemukan ikan itu. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa terdapat 22 spesies ikan yang hidup di sungai Asahan," katanya ketika memberikan materi, Sabtu (15/2/2014).

Adapun kegiatan budidaya ikan sistem di Danau Toba dan sungai Asahan telah dilakukan sejak tahun 1998 melalui budidaya jaring apung intensif berkepadatan ikan yang tinggi. Pada tahun 2006 jumlah jaring apung diperairan Danau Toba mencapai 5.233 Unit. Kemudian survey dari Dinas Perikanan Sumut di 2008 didapatkan KJA yang beroperasi sebanyak 7.012 unit.

(cr6/tribun-medan.com)

Penulis: Jefri Susetio
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved