Penganiayaan Anak

Komnas PA Diminta Kembalikan Anak Panti Samuel

Komnas Perlindungan Anak diminta mengembalikan anak-anak Panti Asuhan Samuel yang telah diambil dari panti. Permintaan

Komnas PA Diminta Kembalikan Anak Panti Samuel
Tribunnews.com/Banu Adikara
Samuel Watulingas dan Yuni, pemilik Panti Asuhan The Samuels House di Gading Serpong, Tangerang. 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Komnas Perlindungan Anak diminta mengembalikan anak-anak Panti Asuhan Samuel yang telah diambil dari panti. Permintaan itu akan ditempuh dengan cara mendaftarkan gugatan perdata dengan tergugat Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirat, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/3/2014).

Cornelius Kopong, pengacara istri Samuel Watulingas, menyatakan, anak-anak tersebut diambil tidak sesuai prosedur. Tindakan Arist dinilai sudah merugikan kliennya.

"Karena beliau seharusnya tidak berwenang secara undang-undang, dan melakukan provokasi yang sangat merugikan secara hukum dari klien kami," kata Cornelius, saat dihubungi wartawan, Selasa siang.

Cornelius menyatakan, gugatan yang dilayangkan berupa perdata. Salah satu tuntutanya yakni meminta agar anak panti asuh tersebut dikembalikan.

Komnas PA diketahui melakukan penjemputan 12 anak dari panti asuhan The Samuel's Home pada 24 Februari 2014, lantaran mendapat laporan masyarakat tentang kondisi anak di panti itu.

"(Tuntutannya) segera waktu saudara Arist bisa mengembalikan anak-anak, kurang lebih anak yang diambil dari kami," ujar Cornelius.

Cornelis menyatakan, Arist melanggar prosedur dengan hal itu karena ia datang tanpa perintah, mengambil secara paksa, serta tidak membawa surat administrasi untuk melakukan penjemputan. Ia menilai yang berhak melakukannya hanya Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Soal kedatangan Arist ditemani oleh petugas polisi, ia menilai petugas hanya melakukan pengawasan. Pihaknya tidak berniat menggugat polisi yang datang bersama Arist. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help