GMKI: KPU Daerah Harus Diganti

Sehingga menurut hemat kami perlu ada perbaikan mendasar yang harus dilakukan sebelum tahapan penyelenggaraan Pemilukada Kota Medan dilaksanakan.

Laporan Wartawan Tribun Medan / Jefri Susetio

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan, Ruben Panggabean, mengungkapkan proses demokrasi di Indonesia akhir-akhir ini mengalami permasalahan degradasi integritas yang semakin akut. Terbukti pada penyelenggaraan pileg beberapa bulan lalu, penyelenggara pemilu (komisioner KPUD Kota Medan) mendapatkan sanksi berupa teguran keras dan satu diantaranya malah dipecat

"Sehingga menurut hemat kami perlu ada perbaikan mendasar yang harus dilakukan sebelum tahapan penyelenggaraan Pemilukada Kota Medan dilaksanakan. Konkritnya, KPUD Sumut harus mempertimbangkan untuk mengusulkan kepada KPU Pusat melakukan perekrutan ulang terhadap seluruh komisioner KPUD kab/kota se Sumatera Utara termasuk Medan," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (5/8/2014).

Dia menjelaskan pada 2015 setidaknya ada 20 daerah di Sumut yang akan menggelar pemilihan kepala daerah. Apabila kredibilitas lembaga penyelenggara pemilu sudah terciderai oleh persoalan hukum maka untuk konteks Pilkada Kota medan mendatang besar kemungkinan tidak berjalan sesuai harapan.
(cr6/tribun-medan.com)

Penulis: jefrisusetio
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved