Ruben Panggabean: Pemilih Rendah Akibat Politisi Tak Baik

Data ini menunjukkan apatisme masyarakat yang boleh jadi terjadi karena minimnya sosialisasi dan akibat dinamika politik yang tak baik

Laporan Wartawan Tribun Medan / Jefri Susetio

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan, Ruben Panggabean, mengatakan rendahnya tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilukada Kota Medan 2010 yang hanya 35 persen dari 1.961.115 Daftar Pemilih Tetap (DPT), memperlihatkan masyarakat sudah apatis lantaran dinamikan politik tak sesuai harapan.

"Pada putaran kedua di Pemilukada kemari partisipasi pemilih hanya 45 persen. Data ini menunjukkan apatisme masyarakat yang boleh jadi terjadi karena minimnya sosialisasi dan akibat dinamika politik yang tak baik," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (5/8/2014).

Selain itu, lanjutnya, para calon juga harus menahan diri, dan ikut berperan memberikan pendidikan politik bagi masyarakat dengan tidak menjanjikan sesuatu dan iming-iming tertentu. Karena sesungguhnya proses politik yang akan berlangsung dalam Pemilukada mendatang bertujuan untuk mewujudkan "Bonnum Commune" (kebaikan bersama) bagi seluruh masyarakat khususnya di Kota Medan. (cr6/tribun-medan.com)

Penulis: jefrisusetio
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved