DKPP Kembali Gelar Sidang Pelanggaran Kode Etik di Sumut

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik oleh beberapa penyelenggara Pemilu bertempat di

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liston Damanik

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik oleh beberapa penyelenggara Pemilu bertempat di Kantor Bawaslu Sumut, Kamis (28/8/2014).

Anggota DKPP Nur Hidayat Sarbini langsung memimpin sidang hari pertamanya dengan agenda sidang dengan teradu para komisioner KPU Tapanuli Utara, KPU Dairi, dan KPU Padanglawas.

Sidang pertama menghadirkan para Teradu, Rudolf Sirait, Kopman Pasaribu, Borisman Panggabean, Galumbang Hutagalung, dan Yunita Siregar yang merupakan komisioner KPU Taput. Mereka dilaporkan Teguh Susanto Sihombing karena pada Pleno rekapitulasi Perolehan Suara Pileg Tahun 2014 melakukan manipulasi suara khususnya di TPS 1 Desa Jambur Nauli, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Para Teradu melakukan manipulasi suara dengan cara mengurangi perolehan suara Pengadu sebesar 15 suara dan menambah suara Caleg Gerindra No. Urut 4 Jonggi Lumbantobing sebesar 20 suara.

Sidang kasus di Dairi menghadirikan Teradu Samsul Kudari yang dianggap melanggar kode etik karena terlibat partai politik dan pernah menjadi  Caleg Partai Barnas pada pemilu Legislatif Tahun 2009.

Rekannya sesame KPU Dairi, Hartono Maha, juga menjadi Teradu karena diduga terlibat partai politik atau setidak-tidaknya diragukan netralitasnya karena pernah terdaftar sebagai Wakil Sekretaris dalam Tim Pemenangan Paslon Bupati-Wakil Bupati  Dairi Drs. Parlemen Sinaga dan Dr. H. Reinfil Capah pada Pemilu Bupati-Wakil Bupati Dairi Tahun 2013.

Sampai saat berita ini dibuat sore hari, majelis telah mendengarkan keterangan pihak pengadu, teradu, dan saksi untuk kasus di Tapanuli Utara dan Dairi.

Sidang kasus di Taput menghadirkan Teradu Safri Siregar (Ketua KPU Padang Lawas) yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap Pengadu Masnilam Hasibuan di Kantor KPU Padang Lawas Utara.

(ton/tribun-medan.com)

Penulis: Liston Damanik
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved