Biaya Pilkada Medan 2015 Diusulkan Rp 60 M

Anggota KPU Medan Pandapotan Tamba mengatakan, pihaknya telah mengusulkan anggaran Pilkada Medan 2015 sekitar Rp 60 miliar untuk diakomodir dalam

Biaya Pilkada Medan 2015 Diusulkan Rp 60 M
KONTAN/AHMAD FAUZIE
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Liston Damanik

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Anggota KPU Medan Pandapotan Tamba mengatakan, pihaknya telah mengusulkan anggaran Pilkada Medan 2015 sekitar Rp 60 miliar untuk diakomodir dalam APBD 2015.

"Itu untuk Pilkada dua putaran. Kami sudah beberapa kali berkoordinasi dengan Pemko Medan. Misalnya agar menyamakan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) untuk pengadaan perlengkapan Pemilu," katanya saat dihubungi, Rabu (3/9/2014).

Rencananya, katanya, 21 Oktober nanti KPU Medan akan menetapkan hari pemungutan suara untuk Pilkada Medan 2015.

"Masa jabatan kepala daerah Medan akan berakhir 19 Juli. Berkaca dari Pilkada 2010, tanggal 21 Mei adalah waktu yang baik. Jika dijadikan hari pemungutan suara untuk putaran pertama, maka masih ada waktu untuk menggelar pemungutan suara putaran kedua yang kemungkinan terjadi seperti pada Pilkada 2010," katanya.

Pun demikian, keputusan akan diambil setelah berdialog dengan pemangku kepentingan lainnya.

Pandapotan mengatakan, dirinya mendukung ide Pilkada serentak karena akan mengantisipasi mobilisasi massa, lebih hemat biaya sosialisasi, dan menghindari multitafsir di antara penyelenggara Pilkada yang menggelar hajatan demokrasi ini pada waktu yang berbeda-beda namun dalam rentang yang sempit.

"Kami mendukung Pilkada serentak. Namun, karena Pilkada ini adalah hajatan lokal, maka kami lebih fokus dengan penyelenggaran di daerah sendiri dulu," katanya.

(ton/tribun-medan.com)

Penulis: Liston Damanik
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved