Antisipasi Putaran Kedua, KPU Simalungun Ajukan 35 Miliar Untuk Pilkada

KPU Simalungun akan memulai persiapan tahapan Pemilukada pada Desember 2014 mendatang, meski ada kabar bahwa

Antisipasi Putaran Kedua, KPU Simalungun Ajukan 35 Miliar Untuk Pilkada
KOMPAS.com/Wardah Fajri
Jari bertinta 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - KPU Simalungun akan memulai persiapan tahapan Pemilukada pada Desember 2014 mendatang, meski ada kabar bahwa di beberapa daerah Sumut akan diadakan pemilukada serentak.

Komisioner KPU Simalungun Puji Rahmat Harahap mengatakan, pihaknya memperkirakan penyelenggaraan pemilukada baru berlangsung dalam bulan Agustus 2015.

"Bulan Agustus lah. Saat ini kita masih menyusun rencana anggaran dan beberapa persiapan," ujarnya.

Adapun dana yang diusulkan KPU untuk pemilukada 2015 sebesar Rp 35 miliar. Jumlah tersebut termasuk untuk penyelengaraan pemilu putaran kedua jika memungkinkan.

"Kita mengajukan dana Rp 35 miliar untuk penyelenggaraan pemilukada 2015. Desember sudah mulai persiapanlah kita. Itu sudah untuk semua, untuk menggaji PPS dan PPK, dan semuanya," ujarnya, Jumat (5/9/2014).

"Perkiraan kita pendaftaran dan pelaksanaan bulan Mei. Mulai Maret kita tahapan. Kira-kira DPT segala macam di bulan Mei," katanya.

Sementara itu, bagi calon independen yang ingin mencalonkan diri harus memiliki dukungan KTP sedikitnya 5 persen dari jumlah penduduk Simalungun. Artinya, dengan jumlah penduduk Simalungun yang mencapai 1.777.000, maka seseorang tersebut harus memiliki 88.850 pendukung awal sebelum pemilu.

Sementara itu, hingga kini, belum tampak gelagat yang nyata dari sosok-sosok yang ingin mencalonkan diri. "Dingin aja Simalungun ini, gak kayak kota (Pematangsiantar)," kata Puji.

Puji berharap, Pemkab Simalungun dapat kooperatif dalam penyelenggaraan pemilukada. "Kita berharap, eksekutif dan legislatif bisa duduk bersama untuk mengakomodir ini," katanya.

(cr1/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved