TribunMedan/
Home »

Sumut

Festival Danau Toba

Gatot: Festival Danau Toba Anggaran 3 Miliar, Buat Apa?

Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho marah karena Festival Danau Toba dibanding-bandingkan dengan Tour de Singkarak.

Gatot: Festival Danau Toba Anggaran 3 Miliar, Buat Apa?
tribunmedan/eris estrada sembiring
Sigale-gale raksasa di Festival Danau Toba 2013 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Liston Damanik

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho marah karena Festival Danau Toba dibanding-bandingkan dengan Tour de Singkarak.

Gatot yang hadir pada peluncuran Festival Danau Toba di Museum Negeri, Medan, Jalan HM Jhoni langsung bereaksi ketika para wartawan menyatakan bahwa Festival Danau Toba yang dulu bernama Pesta Danau Toba terkesan hanya bersifat seremonial kurang bermakna. Wartawan menilai Festival Danau Toba berbeda dengan Tour de Singkarak di Sumatera Barat yang mampu menyedet atensi masyarakat internasional.

Gubernur Gatot pun langsung menanggapi dengan sengit.

Menurut Gatot, sejak berubah nama dan konsep menjadi Festival Danau Toba, pengelolaan hajatan ini dipegang oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemprov Sumut, dan pemerintah daerah di sekitar Danau Toba sebagai pelaksana lokal yang digilir setiap tahunnya. Kementerian dalam pengelolaan Festival, kata Gatot, harusnya menjadi motor.

"Harusnya Kementrian (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) yang di depan. Tapi ternyata tidak full-power Kementerian. Coba dicek berapa anggaran dari Kementerian untuk Festival Danau Toba. Cuma Rp 3 miliar. Buat apa? Beda komitmen Kementerian di Festival Danau Toba dengan Tour de Singkarak," katanya dengan nada tinggi.

Menurut Gatot, Pemprov Sumut tidak meminta campur tangan pemerintah pusat dalam menggarap Festival Danau Toba. Pemprov Sumut bersama pemda sekitar Danau Toba, katanya, siap menyelenggarakan Festival.

"Jangan cuma Pemprov saja yang disikat. Kementerian juga disikat. Tulis seperti itu, Gubenur bilang Kementerian tidak komitmen penuh," katanya kepada para jurnalis.

Festival Danau Toba 2014, Toba Samosir, 17 September-21 September akan dipusatkan di empat lokasi, yaitu TB Center, Lapangan Sisingamangaraja, Sekolah Del, dan dermaga.

(ton/tribun-medan.com)

Penulis: Liston Damanik
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help