Unggah Kecurangan Pemilu ke Youtube, PPL Nisel Dapat Bawaslu Award

Petugas Pengawas Lapangan (PPL) di Desa Hilinamozaua, Kabupaten Nias Selatan mendapat Bawaslu Award atas keberanian mengungkap

Unggah Kecurangan Pemilu ke Youtube, PPL Nisel Dapat Bawaslu Award
KOMPAS.com/Wardah Fajri
Jari bertinta 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Liston Damanik

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Petugas Pengawas Lapangan (PPL) di Desa Hilinamozaua, Kabupaten Nias Selatan mendapat Bawaslu Award atas keberanian mengungkap pencoblosan massal di tempat pemungutan suara saat Pemilu Legislatif 2014.

Anggota Bawaslu Sumut Aulia Andri saat dihubungi www.tribun-medan.com, Sabtu (13/12/2014), mengatakan penghargaan diterima oleh anggota Panwaslu Nias Selatan Yaatulo Halawa dari Pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak di Studio TVRI, Jakarta, Jumat (12/12/2014).

"Bawaslu Sumut bangga dengan pencapaian ini dan berharap aparat Panwaslu di daerah dapat mengikuti keberanian yang ditunjukkan PPL Desa Hilinamozaua," katanya.

PPL di Hilinamozaua menyentak publik dengan mengunggah video di Youtube yang menayangkan anak di bawah umur ikut mencoblos. Di video itu juga memperlihatkan banyak pemilih mencoblos di luar bilik suara. Akibat pengungkapan ini, Pemilu ulang pun digelar di Nias Selatan.

Aulia mengatakan, di satu sisi penghargaan ini menunjukkan penyelenggaran Pemilu yang buruk. Namun butuh keberanian untuk mengungkap peristiwa ini. Karena itu, PPL di Hilinamozaua layak mendapat penghargaan.

"Sebenarnya, kami ingin pencegahan lebih dikedepankan sehingga Bawaslu tidak sekadar dilihat sebagai lembaga yang mengadukan," katanya.

(ton/tribun-medan.com)


Penulis: Liston Damanik
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved