Pilkada Dilakukan Serentak 16 Desember

Pemilihan Kepala Daerah akan dilakukan serentak se-Indonesia pada 16 Desember 2015. Tak terkecuali juga Pilkada di Pematangsiantar

Pilkada Dilakukan Serentak 16 Desember
Tribunnews

Laporan Wartawan Tribun Medan / Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Pemilihan Kepala Daerah akan dilakukan serentak se-Indonesia pada 16 Desember 2015. Tak terkecuali juga Pilkada di Pematangsiantar. Hal itu disampaikan Ketua KPU Pematangsiantar Mangasi Tua Purba, Jumat (19/12/2014).

"Kita baru pulang Rakornas. Hasilnya pemungutan suara akan dilakukan 16 Desember 2015. Itu serentak di seluruh wilayah Indonesia," kata Mangasi melalui ponsel.

Untuk Pematangsiantar, mengingat Wali Kota saat ini Hulman Sitorus akan berakhir masa jabatannya pada 23 September, maka tiga bulan kekosongan tersebut nantinya akan diisi oleh penjabat tugas. Namun, mekanisme penunjukannya masih belum diatur.

"Begitu 23 September 2015 Hulman habis, ya, penjabat tugas nanti ditunjuk. Tapi mekanisme penunjukannya belum ada. KPU masih sedang menyusun tahapan. Entah itu nanti gubernur atau Depdagri, belum tahu lah," kata Mangasi.

Sebelum masuk ke tahap pencoblosan, pencalonan akan dibuka pada Agustus 2015.

"Kita tinggal menunggu Perppu disahkan Januari. Kalau itu mulus, kalau itu tidak molor, mungkin bulan Agustus mulai masuk tahap pencalonan," kata Mangasi. Mangasi menambahkan, sebelum pencalonan, akan ada uji publik yang dilakukan sebelum itu.

"Tiga bulan sebelum pencalonan akan ada uji publik. Nanti akan ada banyak balon. Setiap parpol boleh mengajukan lebih dari satu balon," katanya.

Adapun sejauh ini di Pematangsiantar, beberapa nama-nama yang santer terdengar untuk maju jadi calon wali kota antara lain Teddy Robinson Siahaan, Agusto Silalahi, Dangas Sihombing, Toga Panjaitan, dan Suryani Siahaan.

(amr/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved