Ketua DKPP: Jangan Takut Kalau Ada Laporan dari LSM Terkait Pemilu

Penyelenggara Pemilu di Indonesia, seperti KPU dan Bawaslu jangan pernah takut dilaporkan masyarakat, LSM maupun peserta

Ketua DKPP: Jangan Takut Kalau Ada Laporan dari LSM Terkait Pemilu
Tribun Medan / Feri
Jimmly Asshiddiqe Saat Menyampaikan Tausiah Penyelenggaran Pemilu, di KPU Sumut, Senin (12/1/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Feriansyah Nasution

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Penyelenggara Pemilu di Indonesia, seperti KPU dan Bawaslu jangan pernah takut dilaporkan masyarakat, LSM maupun peserta pemilu. Karena, apabila laporan tersebut hanya sekedar fitnah, maka penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) peluang mendapat penghargaan dari Dewan kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) semakint besar.

Hal ini dikatakan Ketua DKPP, Jimmly Asshiddiqie dihadapan KPU Sumut, Bawaslu Sumut dan beberapa KPU/Panwaslu Kabupaten/kota, di Kantor KPU Sumut, Senin (12/1/2015).

Ia menegaskan, DKPP hadir bukan hanya sekedar memberikan punishman (hukuman), namun juga reward (penghargaan). "Kita punya databese penyelenggara pemilu yang sudah pernah diadukan, tapi tidak terbukti salah dalam sidang DKPP," ujarnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga menyebut, sekeras-kerasnya peringatan DKPP. Namun, apabila tidak dilakukan secara akumulatif oleh seorang penyelenggara pemilu, maka ia dapat mencalonkan diri kembali.

"Tiga kali peringatan keraspun apabila  tidak dilakukan akumulatif tidak masalah jika yang bersangkutan mencalonkan diri kembali. Tapi dua kali saja mengulang kasus yang sama, kita langsung pecat. Kalau sudah dipecat, sampai matipun tidak boleh lagi menjadi penyelenggara pemilu," tukasnya menjawab pertanyaan beberapa peserta dialog.

(fer/tribun-medan.com)

Penulis: Feriansyah
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved