TribunMedan/

Citilink Berencana Buka Rute Pekanbaru-Palembang

Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink berencana hidupkan rute Pekanbaru-Palembang pergi pulang satu kali sehari menggunakan

Citilink Berencana Buka Rute Pekanbaru-Palembang
KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM
Kompleks Kelenteng dan Pagoda Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), dilihat dari Sungai Musi. Pulau di tengah Sungai Musi ini menjadi tujuan ratusan ribu orang dari sejumlah daerah setiap perayaan Cap Go Meh atau bulan purnama pertama setelah Imlek. 

TRIBUN-MEDAN.com, PEKAN BARU - Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink berencana hidupkan rute Pekanbaru-Palembang pergi pulang satu kali sehari menggunakan armada pesawat Airbus A320-200 dengan kapasitas 160 kursi penumpang.

"Memang kita punya rencana hidupkan rute Pekanbaru-Palembang, tapi tidak setiap hari. Melainkan pada hari Selasa, Rabu dan Sabtu pada pertengahan Februari 2015," papar Direct Sales Manager Citilink Pekanbaru, Ridwan di Pekanbaru, Riau, Kamis (29/1/2015).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengurus perizinan dan meminta slot time atau waktu lepas landas (take off) dan pendaratan (landing) baik dari bandara asal maupun bandara tujuan kepada Kementerian Perhubungan.

Seperti diketahui, operasinal Citilink yang merupakan anak perusahaan maskapai plat merah Garuda Indonesia di Kota Pekanbaru telah memiliki enam kali frekuensi penerbangan dalam satu hari dengan empat rute domestik.

Yakni rute Pekanbaru-Batam dan Pekanbaru-Jakarta pergi pulang yang masing-masing diterbangi dua kali sehari. Kemudian rute Pekanbaru-Yogyakarta pergi pulang satu kali sehari dan rute Pekanbaru-Surabaya pergi pulang satu kali sehari.

"Kita berharap dengan adanya pembukaan rute penerbangan baru bagi Citilink, bisa mengakomodir semua kepentingan baik dari kalangan pebisnis atau masyarkat di kedua provinsi. Dengan penerbangan langsung, tentunya kita tawarkan lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah," ucapnya.

Sejak Citilink memperoleh Air Operator Certificate (AOC) dari Kementerian Perhubungan pada 2012, Citilink berkembang pesat dengan diawali sembilan pesawat Airbus A320, bertambah menjadi 29 pesawat pada 2013, lalu menjadi 32 pesawat pada 2014 dan ditargetkan menjadi 50 pesawat pada 2016.

"Realisasi untuk rute ini, kami belum tahu karena tergantung kapan izinnya keluar. Tapi yang jelas kalau untuk tambah rute, kita akan ekspansi terus," kata Ridwan.

Ibnu Hasan, Airport Duty Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru mengatakan, rute domestik Pekanbaru-Palembang merupakan rute lama karena sebelumnya telah sempat beberapa maskapai menerbangi rute tersebut.

"Sedikitnya ada tiga maskapai yang menerbangi rute tersebut yakni Garuda Indonesia, kemudian Riau Airlines dan terkahir Sky Aviation," terangnya.

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru saat ini masih 10 maskapai yang melayani penerbangan domestik dan internasional seperti AirAsia, Batik Air, Citilink, Firefly, Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Lion Air, Malindo Air, Silk Air dan Susi Air. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help