Pulau Tiban Ini Mendadak Muncul di Madura

AJAIB sebuah daratan tiba-tiba terbentuk dan muncul di Pulau Madura. Tepatnya di Desa Labuhan, Kecamatan Sepuluh

Pulau Tiban Ini Mendadak Muncul di Madura
Dok wahyu sasmita
Pulau Tiban, Bangkalan, Madura 

Wahyu Sasmita
Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura

TRIBUN-MEDAN.com - AJAIB sebuah daratan tiba-tiba terbentuk dan muncul di Pulau Madura. Tepatnya di Desa Labuhan, Kecamatan Sepuluh, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Keberadaan pulau ini tidak jauh dari Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura.

Jika Anda berasal dari luar Madura, dapat memulai perjalanan dari terminal bus Bungurasih di Surabaya menuju ke Madura.

Arahkan perjalanan menuju daerah Tangkel, sekitar 47,8 km dengan tiket bus seharga Rp 25.000.

Perjalanan ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam saja. Setelah tiba di Tangkel, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju terminal Bangkalan dengan menaiki bus mini dengan tarif per orang Rp 10.000.

Setelah itu baru arahkan perjalanan menuju Pulau Ajaib ini dengan menaiki angkutan umum bertarif Rp 7.000 per orang. Pulau tiban ini memang belum mendapatkan nama resmi dari pemerintah daerah setempat. Namun, warga sekitar menyebutnya sebagai pulau ajaib.

Karena keberadaannya yang mendadak muncul itu mengundang warga Madura dan sekitarnya untuk berbondong-bondong datang menyaksikannya. Tak pelak, pulau tiban ini menjadi destinasi baru wisata di Madura.

Hanya membayar Rp 5.000 per orang Anda dapat melihat keindahan pulau tiban ini yang dikepung lautan.

Anda masih harus menaiki perahu bertarif Rp 4.000 per kepala untuk bisa menginjakkan kaki di pulau yang dipenuhi dengan bebatuan karang ini.

Karena lokasinya dikepung lautan, di pulau tiban ini bisa disaksikan pemandangan laut lepas nan indah. Tentu, fasilitas umum belum didirikan di sana.

Namun, sudah ada beberapa lapak yang menjajakan makanan dan minuman khas Madura di sana, seperti soto hingga sate Madura.

Tetapi Anda dilarang keras mengambil batu-batu karang yang terdapat di pulau ajaib tersebut. Sangat mudah bukan bagi Anda yang penasaran ingin berkunjung di pulau ini dengan biaya cekak. Jadi, ayo berkunjung ke pulau ajaib ini. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved