Toge Panyabungan Minuman Berbuka Khas Kota Medan

Mendengar namanya banyak yang menyangka toge panyabungan adalah sejenis sayur.

Toge Panyabungan Minuman Berbuka Khas Kota Medan
TRIBUN MEDAN / DEDY KURNIAWAN
Toge panyabungan merupakan minuman khas yang berupa racikan beberapa bahan seperti lupis, cendil, pulut hitam, pulut tape putih, cendol, yang disiram dengan santan dan gula aren. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Mendengar namanya banyak yang menyangka toge panyabungan merupakan jenis sayur. Tapi ternyata toge panyabungan merupakan minuman khas Sumatera Utara yang manis. Toge panyabungan sudah menjadi minuman berbuka semua suku dan kalangan saat Ramadan.

Minuman khas Panyabungan, Mandailing Natal, ini biasanya dijadikan menu berbuka yang menjadi buruan penikmatnya. Dan biasanya, para penikmat mudah menemukannya saat Bulan Ramadan. Untuk saat ini beberapa pedagang toge panyabungan banyak berjualan di sekitaran Masjid Perjuangan 45, Jalan H.M Yamin, Jumat (26/6/2015).

(Baca juga: Pakkat, Lalapan Penambah Nafsu Makan di Bulan Ramadan)

Dari banyaknya pedagang makanan dan berbuka puasa di sekitaran Masjid Juang 45, sebagiannya merupakan pedagang toge panyabungan. Biasanya mereka sudah bersiap berjualan sejak pukul 14.00 siang hingga saat berbuka.

Memang jika dilihat dari jauh toge panyabungan hampir seperti es campur atau es cendol. Namun yang membedakannya adalah ragam jenis campuran makanan yang terkandung di dalamnya. Tak hanya santan, gula merah dan cendol, namun ada pulut hitam, pulut tape, candil, dan lupis yang menambah nikmat racikan toge panyabungan.

Pedagang Toge Panyabungan, Nita Nasution mengungkapkan bahwa dirinya telah selama sepuluh tahun berjualan toge setiap tiba Bulan Ramadan. Darinya dijelaskan sedikit khas yang menjadi kualitas toge panyabungan miliknya.

(Baca juga: Bubur Pedas Khas Kesultanan Deli untuk Berbuka Puasa)

"Toge Panyabungan itu gula arennya harus asli. Santannya kental, candilnya jangan kebanyakan telur dan pulut lupisnya juga berkualitas. Ya, kalau saya, kualitas harus diutamakanlah. Orang juga bakalan tahu mana yang enak mana yang sekedar jualan Bulan Ramadan,"katanya

Dalam penyajiannya, toge bisa dinikmati dengan menambahkan es bagi penyuka minuman dingin saat berbuka. Namun tanpa es, toge panyabungan juga tak kalah nikmat dijadikan menu santap berbuka.

Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved