Pilkada Serentak

Golkar Binjai Sebut JITU Tak Paham Aturan

KPU Binjai belum dapat bertindak sebelum penetapan calon yang akan diumumkan 24 Agustus 2015.

Golkar Binjai Sebut JITU Tak Paham Aturan
ist
Juliadi (kanan) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/M Azhari Tanjung

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI-Partai Golkar Binjai menilai pasangan Calon Wali Kota Juliadi SPd MM dan Drs H M Tulen Map (JITU) tidak paham peraturan. Pasangan ini mencantumkan lambang Partai Golkar di baliho mereka yang beredar di lima kecamatan yang ada di Binjai.

Ketua Partai Golkar Binjai Zainuddin Purba mengatakan, sesuai pernyataan yang dikeluarkan pada 28 Juli 2015 oleh Tim Pilkada bersama DPP Partai Golkar yang ditandatangani M S Hidayat dan Yorrys Raweyai ditetapkan calon yang diusung partai itu adalah H M Idaham dan Timbas Tarigan.

“Kami minta mereka (JITU) untuk menunjukan bukti bukti otentik yaitu dukungan dari DPP Golkar baik dari kubu Agung Laksono maupun tim islah kedua kubu. Untuk itu panwaslu dapat memfasilitasi keberatan kita. Negara ini kan Negara Hukum, jangan dibiarkan seperti ini,” katanya usai menghadiri Upacara HUT RI Ke-70 di Tanah Lapang Merdeka Binjai, Senin (17/8/2015).

Dihubungi terpisah, Ketua Panwaslu Kota Binjai Mardiana mengatakan pihaknya sudah menerima surat klarifikasi dari Partai Golkar Binjai.

“Surat sudah kami terima, mungkin besok (Selasa) kami akan membalas ke DPD Golkar, memang dalam hal ini yang berwenang menertibkan adalah KPU Binjai beserta Pemko Binjai, khususnya dalam hal ini Sat Pol PP,” jawabnya.

Menurutnya, telah dijadwalkan rapat mengenai alat peraga kampanye, seperti baliho, 19 Agustus nanti.

“Peraturan sekarang, yang boleh menertibkan adalah KPU. Kami hanya mengawasi ketentuan dan pelanggaran,” ucapnya.

Ketua KPU Binjai Herry Dani mengaku juga sudah menerima surat tembusan dari Golkar Binjai.

“Sebelum membuat keputusan, kita rapat dulu. Sebelum penetapan calon yang akan diumumkan 24 Agustus 2015, kami tidak bisa melarang karena mereka juga belum ditetapkan. Penindakan baru bisa dilakukan setelah 27 Agustus 2015 atau setelah ditetapkan masa kampanye,” ungkapnya. (ari/tribun-medan.com)

Tags
Binjai
Penulis:
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved