Pilkada Serentak

Eldin-Akhyar Andalkan Program Medan Rumah Kita

"Fokus kita adalah Medan Utara. Medan Utara itu peluangnya besar. Di sana ada water front city, ada Islamic Center," katanya.

Eldin-Akhyar Andalkan Program Medan Rumah Kita
Tribun Medan/Abul Muamar
Pasangan bakal calon (balon) Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin - Akhyar Nasution saat berdiskusi di Kantor Harian Tribun Medan, Jalan KH Wahid Hasyim, Rabu (19/8/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Pasangan bakal calon (balon) Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution menggadang-gadang program "Medan Rumah Kita" jika nantinya terpilih.

"Medan Rumah Kita itu ide besar yang mau kami bangun lima tahun ke depan. Bahwa masyarakat harus merasa nyaman tinggal di Medan ini. Bukan hanya orang Medan saja, pendatang juga harus merasa nyaman. Sehingga merasa Medan ini rumahnya," ujar Akhyar Nasution, saat berdiskusi di Kantor Harian Tribun Medan, Jalan KH Wahid Hasyim, Rabu (19/8/2015).

Dijabarkan Akhyar, pihaknya nantinya akan fokus membangun wilayah Medan bagian utara. Di antaranya mereka akan melakukan percepatan pembangunan water front city (kota menghadap laut) dan Islamic Center di Medan Labuhan, pengembangan wisata alam Danau Siombak dan Situs Kota China di Medan Marelan.

"Fokus kita adalah Medan Utara. Medan Utara itu peluangnya besar. Di sana ada water front city, ada Islamic Center. Di sana akan kita tingkatkan lagi pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, pelayanan dasar macam drainase, jalan-jalannya, transportasinya. Medan sebagai kota terbesar ketiga itu harus kita pertahankan. Terus terang Medan ini, kalau pagi dan siang commuternya hampir 1 juta orang," katanya.

Akhyar tak dapat memerinci langkah seperti apa yang akan dilakukan untuk keempat ikon di Medan bagian utara tersebut.

"Water front city itu nanti akan ada mix activity. Artinya di sana ada industri jasa. Tapi bukan aktivitas yang polutan. Kemudian nanti akan ada akses ke jalan tol. Danau Siombak itu nanti bukan hanya bisa dilihat saja. Tapi juga di situ tempat main-main anak-anak. Industri kreatifnya harus dikembangkan di situ. Infrastruktur juga akan kita siapkan di sana. Kita akan kerjasama dengan swasta. Tahun depan kita realisasikan," katanya.

Sejumlah program lainnya yang akan dilakukan jika terpilih, lanjut Akhyar, yakni membangun SMA dan SMK negeri di Medan Area, dan melakukan percepatan pembangun fly over (jalan layang) di Kampung Lalang dan underpass (jalan bawah tanah) di Titi Kuning.

"Ada satu kecamatan yang tidak punya SMA dan SMK. Tahun depan akan kita bangun itu. Tahun depan akan kita bangun Underpass Titi Kuning dan Fly over Kampung lalang," katanya..

Ditegaskan Akhyar, pihaknya akan membangun Medan tanpa merujuk pada kota lain manapun.

"Kita tidak merujuk ke mana-mana. Medan is Medan. Karena Medan punya kekhasannya sendiri," katanya. (amr/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved