Pilkada Serentak

Tekan Angka Golput, KPU Sosialisasi ke Pemilih Pemula

"Di sini kami tekankan rasa tanggungjawab pemuda dalam menentukan pemimpin ke depan dengan hati nurani," katanya.

Tekan Angka Golput, KPU Sosialisasi ke Pemilih Pemula
INTERNET

Laporan Wartawan Tribun Medan/M Azhari Tanjung

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI-Untuk menekan angka golput dalam Pilkada Binjai pada 9 September mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai terus melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat, khusunya pemilih pemula.

Seperti yang akan digelar hari ini di Gedung Kementerian Agama (Kemenag) Kota Binjai Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat.

"Ada sekitar 150 peserta yang akan mengikuti sosialisasi. Sasaran kali ini tingkat pelajar yang tergolong sebagai pemilih pemula," kata Kepala Divisi Informasi Labayk Simanjorang, Kamis (20/8/2015).

Labayk mengatakan, kalangan pemilih pemula cukup antusias mengikuti sosialisasi.

"Pemilihan kemarin, suara dari pemilih pemula khususnya kalangan pelajar yang sudah wajib memilih cukup tinggi," terangnya sembari mengatakan pemilih kalangan pelajar minimal berusia 17 tahun. Khusus untuk besok, papar dia, yang mengikuti sosialisasi adalah pelajar SMA sederajat swasta.

"Sebelumnya, di sekolah negeri sudah kita lakukan sosialisasi," tutur Simanjorang.

Materi yang diangkat dalam sosialisasi tingkat pelajar ini adalah materi tentang peran serta dan tanggungjawab pemilih pemula. Juga tentang partisipasi pemula sebagai generasi muda.

"Di sini kami tekankan rasa tanggungjawab pemuda dalam menentukan pemimpin ke depan dengan hati nurani. Jangan percaya dengan politik uang serta jangan main diintervensi dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Karena yang berhak menentukan pemimpin adalah pribadi masing-masing," katanya.

Menurutnya, pemilih yang golput antara lain disebabkan bekum terdaftarnya warga dan rutinitas yang cukup tinggi oleh pemilih. (ari/tribun-medan.com)

Tags
Binjai
Penulis:
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved