Sumut Ikut PON Jika Peringkat 12 Besar

Jika Sumut ingin Lulus PON tahun depan harus meraih peringkat 12 besar untuk kategori perorangan se-Indonesia.

Sumut Ikut PON Jika Peringkat 12 Besar
Tim karate sumut berfoto bersama sebelum bertanding di gedung serbaguna unimed. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nikson Sihombing

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Jika ingin Lulus PON tahun depan, Sumut harus meraih peringkat 12 besar untuk kategori perorangan se-Indonesia. Sedangkan untuk beregu harus meraih delapan besar terbaik se-Indonesia.

Manager tim karate Sumut, Delpinus Rumahhorbo menjelaskan, sistem tersebut dinamakan Double Semi Knock Down.

"Jadi kalau sudah bertanding dan kalah maka akan diadu lagi kepada sesama yang kalah. Hal itu dilakukan untuk menjaring yang terbaik di antara yang sudah bertanding sebelumnya ," katanya. Minggu (25/10)

Ia menjelaskan rangking satu hingga dua belas itu jelang Pra PON tidak menjadi syarat mutlak agar bisa menang di pertandingan PON.

Ia menceritakan, ada juga yang peringkat sembilan atau dua belas di rangking karate se-Indonesia justru meraih medali emas di pertandingan PON.

"Peringkat itu tidak menjadi patokan mutlak kekuatan dan prestasi atlet. Semua tergantung hasil drawing dan bagaimana strategi saat bermain di lapangan. Misalnya si A bermain dengan pola menyerang lebih dulu maka akan kita atur dengan teknik tertentu agar menang ," ujarnya.

Ia menjelaskan saingan terberat Sumut dalam meraih medali emas di pertandingan kejurnas Pra PON karate tahun ini cukup banyak. Beberapa diantaranya ialah kotingen karate asal Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Papua.

" Itu susah karena ada beberapa atlet mereka yang sudah pernah kami hadapi dalam pertandingan pelatnas. Mereka juga sudah bertanding untuk tingkat internasional ," katanya.

(cr6/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved