"Masyarakat Mau Pilkada Berkualitas"

Aparat hukum diminta mempertegas status hukum calon Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga. Berdasarkan putusan Mahkamah Agung

Kotak suara Pilkada 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Joseph Ginting

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Aparat hukum diminta mempertegas status hukum calon Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga. Berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA), Amran dihukum lima bulan penjara.

Mahkamah Agung mengabulkan kasasi Kejari Simalungun atas perkara kehutanan yang melibatkan Amran Sinaga dengan Nomor Register 194 K/PID.SUS/2012. Selain mengabulkan Kasasi, MA juga menghukum Amran 5 bulan Penjara.

“Kita minta kejelasan MA terhadap putusan tersebut. Agar tidak terjadi simpang siur informasi. Kalau putusan MA benar, minta secepatnya dieksekusi,” tegas Pahala Sihombing, Ketua Sopou Pilkada Simalungun, dalam siaran persnya, Selasa (10/11/2015).

Dia menegaskan, masalah ini harus segera diklarifikasi. Dengan begitu, masyarakat bisa melihat dan menilai secara nyata siapa sosok calon pimpinan yang mereka pilih dalam Pilkada nanti.

“Masalah ini harus segera diklarifikasi agar masyarakat tahu dan tidak bingung agar pilkada di daerah kita berkualitas,” sebutnya.

Pahala Sihombing berharap, Pilkada di Simalungun dapat berjalan dengan damai dan menghasilkan figur pimpinan yang benar-benar bisa membawa amanah masyarakat untuk kemajuan Simalungun.

“Kita ingin Kabupaten Simalungun ini ke depan menjadi lebih baik dan sejajar dengan kabupaten kota lainnya,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, dalam kasus ini, Pengadilan Negeri Simalungun dan Pengadilan Tinggi Sumut menyatakan Amran Sinaga tidak bersalah. Namun, Kejari Simalungun mendaftarkan kasus ini ke Mahkamah Agung dengan nomor surat pengantar W2.U16/2874/HN.01.10/IX/2011/KSS, jenis pemohon K, jenis perkara PID.SUS, klarifikasi kehutanan dan tanggal masuk perkara 19 Januari 2012, dan tanggal distribusi 29 Februari 2012.

Seperti diketahui, KPU Simalungun telah menetapkan Amran Sinaga sebagai Calon Wakil Bupati Simalungun. Dia mendampingi calon Bupati Simalungun JR Saragih dalam Pilkada serentak di Sumatera Utara Desember mendatang.

(*/wes/tribun-medan.com)

Penulis: Joseph Wesly Ginting
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved