Sumut Kejar Kuota Renang di PON 2016

Ia menjelaskan, hingga saat ini yang sudah pasti lolos ke PON mewakili Sumut hanya satu orang yaitu Muhammad Fachri.

Sumut Kejar Kuota Renang di PON 2016
Tribun Medan/Nikson Sihombing
Tujuh orang atlet Sumut sedang berlatih di kolam renang tertutup di Selayang, Jalan Dr. Mansyur, Medan, Selasa (1/12/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nikson Sihombing

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Bangka Belitung cabang olahraga(cabor) renang, Sumatera Utara (Sumut) berhasil meraih lima medali emas, delapan perak dan lima perunggu. Hasil tersebut juga sebagai ajang kualifikasi Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) 2016 di Bandung, Jawa Barat.

Pelatih renang Sumut, Brian Howard mengatakan, dengan hasil raihan tersebut tidak serta merta membuat atlet renang Sumut lolos di PON 2016. Karena setiap atlet harus dihitung tingkatannya secara nasional.

"Untuk keseluruhan, kuota atlet renang yang bertanding di PON tahun depan sekitar 120 orang. Itu diambil dari seluruh Indonesia ," ujarnya saat ditemui di Kolam Renang Selayang Jalan dr Mansyur Medan, Selasa (1/12/2015)

Namun ia juga menjelaskan untuk kepastian jumlah kuota itu akan diumumkan Persatuan Renang Seluruh Indonesia, Januari 2016. Ia juga menjelaskan, jumlah atlet yang lolos dihitung berdasarkan perkalian jumlah atlet yang lolos dibagi 100 orang dikali 120 orang.

"Dari situ kita bisa tahu jumlah atlet yang akan berangkat. Karena junlah atlet yang berangkat sangat terbatas dan mereka adalah yang terbaik mewakili Sumut ," ujarnya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini yang sudah pasti lolos ke PON mewakili Sumut hanya satu orang yaitu Muhammad Fachri. Sedangkan atlet Sumut yang lainnya harus berjuang untuk mendapatkan tiket lolos ke PON 2016.

"Yang sudah pasti lolos dari jalur "by name" itu cuma Fachri. Karena dia berhasil masuk delapan besar perenang terbaik Indonesia," tegasnya.

Sedangkan jalur "by number" untuk mengisi sisa kuota 120 orang itu. Intinya hingga saat ini hanya delapan orang yang sudah pasti lolos PON.

Pelatih renang ini menjelaskan, delapan orang tersebut adalah top big eight perenang terbaik Indonesia. Mereka digolongkan top big eight karena lolos tes dan skor hasil raihan waktu dalam berenang. (cr6/tribun-medan.com)

Penulis:
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved