TribunMedan/

Penjaga Kuburan Massal Terima Mayat Mr X Tiga Bulan Sekali

"Yang bertugas menggali makam dan mengangkat mayatnya, saya," kata Poniman.

Penjaga Kuburan Massal Terima Mayat Mr X Tiga Bulan Sekali
Tribun Medan/Nanda Fahriza Batubara
Penjaga kuburan menunjukkan lokasi kuburan Mr X di kuburan massal Delitua. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Nanda Fahriza Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Penjaga makam kuburan massal Delitua, Poniman (54), mengatakan bahwa setiap tiga bulan sekali selalu ada jenazah yang di makamkan di kuburan massal yang terletak di Jalan Pendidikan, Kecamatan Biru-biru.

Poniman merupakan petugas penjaga makam untuk mayat tanpa identitas (Mr X) yang biasa dikirim oleh RSU Dr. Pirngadi dan RSU H. Adam Malik.

"Yang bertugas menggali makam dan mengangkat mayatnya, saya. Biasanya setiap dua bulan atau tiga bulan sekali ada mayat diantar rumah sakit kemari. Biasanya itu dari RS Pirngadi atau RS Adam Malik," ujar warga Jalan Besar Delitua ini, Selasa.(8/12/2015).

Bapak dari lima orang anak ini mengaku telah 23 tahun menjaga makam tersebut. Ia menjelaskan bahwa setiap tiga bulan sekali ada tiga sampai lima mayat Mr X yang datang diantar pihak rumah sakit umum.

"Paling banyak ada lima mayat setiap tiga bulannya. Mereka kirimnya langsung kelimanya kemari untuk dikubur. Ini yang terakhir datang sekitar sebulan yang lalu. Pengirim mayat dari pihak RS Dr Pirngadi," tutur Ponidi.

"Biasanya mayat yang datang sudah dibalut kain kafan semuanya. Tapi kadang ada juga mayat yang dikebumikan langsung pakai kantong jenazah rumah sakit. Itu biasanya kondisi mayat yang sudah hancur total," sambung Ponidi. (cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help