TribunMedan/

Umat Hindu di Medan Gelar Upacara Pencaruan, Pembersihan Diri

Umat Hindu Pura Agung Raksa Bhuana jalan Polonia 216 menggelar ritual Pencaruan atau yang memiliki arti pembersihan alam semesta dan diri manusia.

Umat Hindu di Medan Gelar Upacara Pencaruan, Pembersihan Diri
Tribun Medan/ Tommy Simatupang
Para umat Hindu sedang mengikuti upacara Pencaruan (Penyambutan Hari Nyepi) di Pura Agung Raksa Bhuana di jalan Polonia 216, Selasa (8/3/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebelum merayakan Tahun Baru 1938 Saka yang jatuh pada hari ini, (9/3/2016). Umat Hindu Pura Agung Raksa Bhuana jalan Polonia 216 menggelar ritual Pencaruan atau yang memiliki arti pembersihan alam semesta dan diri manusia.

Upacara ini sebagai upaya menetralisir dan membersihkan diri dari hal negatif. Lebih dari 100 Kepala Keluarga mengikuti ritual yang dipimpin oleh seorang Pemangku (Pendeta) Letkol Putu Sutrisno.

"Kami menetralisir kekuatan negatif menjadi positif. Jadi seperti merefleksikan diri sebelum masuk Hari Raya Nyepi yang mewajibkan umat untuk meninggalkan segala keributan dan hawa nafsu," katanya usai upacara Pencaruan di Pura Agung Raksa, Selasa (8/3/2016) malam.

Upacara yang dimulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Putu menyampaikan ini sebagai penyambutan Catur Brata Penyepian.

Katanya ada empat aturan (Catut Brata) dalam Nyepi yakni, Amati Geni (tidak boleh menyalakan api dan lampu, tidak boleh mengobarkan hawa nafsu), Amati Karya (tidak boleh melaksanakan kegiatan fisik tetapi yang lebih diutamakan kegiatan rohani), Amati Lelungan (tidak boleh keluar rumah atau berpergian), dan terakhir Amati Lelanguan (tidak boleh mengalami keramaian).

Antoni Sembiring selaku Pembina Masyarakat Hindu Sumut menjelaskan, ada berbagai etnis yang hadir dan dalam upacara tersebut. Ada dari suku Jawa, Bali, Karo, India Tamil, dan lainnya.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help